Wednesday, July 8, 2009

July 01st 2009

Hari ini ulang tahunnya Faye yang ke satu, the baby !!! Huurrraaaayyy !!! Cuman berhubung karena ketololan gw yang entah kenapa waktu kyanya berhenti di hidup gw. Jadi begini, kemaren kan tgl 30 juni, dan entah apa alasan dari ketololan gw, gw ngotot bahwa kemaren adalah tgl 28 juni dimana abang gw hari itu ulang tahun dan gw memikirkan 1001 cara untuk gimana caranya izin ke village bentar, kurang dari satu jam, karena gw mau beli pulsa untuk ngucapin happy birthday ke abang gw. Dan sekalian beli kado buat Faye yang gw udah mikirin kalau gw akan beliin dia topi berhubung sekarang lagi summer panasnya ampun2 dan Faye ngga punya topi ! Tapi kebodohan gw mengalahkan niat baik guah. Jadi deh kemaren gw agak sibuk bantuin. Gw bilang agak, karena yang sibuk bener-bener tuh hostmom gw dengan ajudannya si hostdad gw =p. Gw sih cuman ngelakuin kerjaan biasa aja. Paling nambah dikit. Beneran dikit. Cuman nambah sapu teras gitu (yang sekalian aja gw pel biar tambah kinclong =p, hostmom gw :” Bravo Fransisca ! You always moves further than what asked you ! And thank you by the way.” sambil lo tau kan gaya orang loncat kalau bilang cihuy ? Nah ya itu yang hostmom lakuin. Emang yah, hostmom gw, kelakuan…Hahahahaha…

Ngomongin soal ulang tahunnya Faye, ternyata banyak juga anak yang dateng. Yang konfirmasi bakal dateng sebenernya 13 orang, tapi entah bagaimana ceritanya bisa banyak banget yang dateng. Berikut para orangtua-orangtua. Pas acaranya udah kelar, sekitar jam 3an, gw dan hostdad langsung sigap bersihin taman yang ampun-ampun deh kotor banget. Fun pas maen, pas bersiinnya, mmph, neraka dunia deh ah =p. Sedangkan hostmom masih harus menjamu ibu-ibu yang masih sibuk ngobrol. Lou dan Nana masih sibuk juga menjamu temen-temen dan sepupu mereka. Berhubung yang tak berteman cuman gw dan hostdad, ya udah kita bagian bersih-bersih deh, hehehehe. Pas taman udah kelar, gw pun kedapur. Dapur yang udah kya kapal pecah bikin gw ketawa, entah kapan kelar bersihinnya =D. yah, kalau ngga dimulai yang ngga akan kelar, itu kunci pertama. Jadi gw pun membuka dishwasher dan mulai milih-milih dishes yang mau dimasukin. Barang-barang yang gede kya mangkok super gede, panci-panci, wajan, sengaja ngga gw masukin. Gw tau dishwashernya ngga akan cukup, jadi butuh dua kali nyuci., gw memutuskan untuk nyuci yang gede-gede ini pake tangan while dishesnya di cuci pake dishwasher. Gw pun masukin semua piring-piring kecil, cangkir, gelas, mug, mangkok, cutleries, dan sejenisnya lah kedalam dishwasher. Agak lama masukinnya, karena kudu diorganisir baik-baik semuanya biar masuk semua yang kecil-kecil tapi banyak ini. Setelah masuk semua dan diswasher udah gw nyalain, gw pun mulai nyuci yang gede-gede.

Gw punya kebiasaan untuk membuat hal yang melelahkan dan menyebalkan jadi menyenangkan dengan nyanyi. Itu sebabnya gw butuh musik setiap saat untuk gw denger. Tapi berhubung ini adalah party, jadilah gw nyanyi mocca sendiri di dapur sambil nyuci piring dan nge-dance dikit. Kebiasaan idup deh, bersandar penuh sama musik untuk naikin mood guah. Ngga ada radio atau cd player yang mengalun ngga masalah, naynyi sendiri ajah =p !

“ Hey, Fransisca, are you okay ?“ tanya hostdad gw pas gw lagi ngga nyanyi tapi serius nyuci piring. “ Yep !“ jawab gw sambil senyum.“ really ? Because this is too many things to do.“ kata hostdad gw.“ I know, but this is party, so well, I well prepared of all this.“ jawab gw. Hostdad gw tersenyum sama gw terus nanya.“ have you lunch ?“,“ have you drink enough ?“,“ Do you want me to bring or make you something ?“ kedua pertanyaan di depan gw jawab dengan yep dan pertanyaan terakhir gw jawab dengan no thanks. Gila yah ! Satu-satunya hal yang bikin gw agak kesel sama hostdad gw cuman soal internet, other than that, he’s a perfect hostdad.

Kelar ! Mulai ngelap nih yang abis gw cuci dan masukin ke tempatnya. While hostmom dan sahabatnya dateng-dateng bawa piring2 lanjutan. Gw udah bertekad kalau gw ngga akan membiarkan semua piring2 ini numpuk di zync, gw benci ngeliatnya. Jadi sekali lagi gw pun mulai mencuci piring-piring dan gelas yang berdatangan dengan tangan. Hostdad dateng ke dapur sekitar jam setengah lima ngeluh kenapa orang-orang belum pulang juga.” It means that you have a hell of party and you, plus your wife are a good host.” komentar gw sambil keep nyuci.” I’m sorry I make you do all this things Fransisca, really, I don’t want to but,”
“ It’s okay, this is a birthday party, and it’s faye’s not other kids birthday, I completely don’t mind to do all this things.” jawab gw santai. Hostdad gw ketawa dan bilang thanks sama gw biz itu mewanti-wanti dengan sangat menyesal klo dia akan bawa lebih banyak lagi piring dan gelas, jadi dia minta maaf, gw bilang,” well bring it on !” kata gw sambil ketawa. Hostdad gw ketawa dan cabut, beberapa menit kemudian dia muncul dengan apa yang dia janjikan ke gw. Nyuci lagi pake tangan berhubung dishwasher kita klo nyuci sampe bersih butuh wkatu sekitar 2,5jam.

Sambil gw kerja, ibu-ibu keep berdatangan. Yah gw sebagai orang yang di dapur berusaha membantu sebisa gw donk, mereka butuh apa. Ada yang minta gelas lah, ada yang minta piring lah, ada yang minta minum lah, apa lah. Sambil ngobrol diit klo mereka stay agak lama di dapur. Ceritanya berusaha mencontoh hostparents gw yang berusaha jadi host yang baik.

Ada 4 ibu-ibu yang paling sering ngobrol sama gw berhubung mereka lah yang paling sering bolak-balik ke dapur. Ann Marie, sahabat kentalnya hostmom yang juga adalah istri dari kembarannya hostdad gw yang juga adalah yang paling sering kesini. Nina, sahabatnya hostmom yang lain yang tinggal disekitar sini yang punya au pair filipin namanya Morena yang dikenalin ke gw waktu gw baru dateng. Satu lagi sahabatnya hostmom yang baru gw ketemu, dan satu lagi kakak iparnya hostmom. Sahabatnya hostmom yang gw ngga tau namanya pas terakhir ke dapur nanya gelas. Setelah dapet gelas dia minum air putih banyak-banyak dan laporan klo dia bakal nyetir, dan dia abis minum wine,so,” So you need a lot of water to neutralize the alcohol inside your body.” lanjut gw. Dia ketawa dan bilang,” Yes !” Gw nanya dia nyetir pulangnya kemana. Dia bilang Scheveningen.” Right !Oh, fun place !” seru gw sambil naro-naro gelas yang gw lap ke nampan gede. Dia ngomongin Schveningen bentar yang gw timpali ini dan itu, ngobrol deh. Abis itu dia pun say bye sama gw dan bilang nice to chat with you gw pun ber-bye juga terus bilang,” be careful !” dia ketawa dan bilang thanks.

Setengah jam kemudian hostmom dateng ke dapur ngebantuin gw dikit terus bilang,” All the parents said that they likes you, they said you’re very nice.“ gw flattered terus bilang really ? Hostmom gw bilang ye-a sambil ketawa,“ Oh thank you.“ komentar gw.“ they said,’I wish she’s my au pair.’ and I said,’No, she’s ours !” gw ketawa, hostmom juga ketawa.

Yeah !

Nyanyi lagi franz !

Jujur aja gw agak heran, gw kan yang ngapa-ngapain ke mereka, jadinya nice gw dimaneh ?? Paling cuman ngobrol doank. Lah, gw rasa siapapun yang di dapur juga pasti bakal begitu. Ngga harus gw juga. Dan gw rasa semua au pair akan melakukan hal yang sama, betul tidak temans ?? Ya masa mereka kita cuekin, kali aja kan yang masuk dapur adalah temennya hostdad yang ganteng masih single dan straight (inget franz, STRAIGHT !), terus dia jadi naksir kita gitu, ahahahahahahahaha !! Prepare for the good lah guys =D.

Jadi hari ini, gw emang cape betul. Tapi hostdad udah berbaik hati untuk bersihin teras tempat orangtua duduk-duduk, dimana itu juga berantakannya luar biasa. Dia juga yang beresin living room yang penuh maenan dimana-mana, plus, dia ngevacuum rumah. Jadinya gw praktis cuman di dapur doank karena hostmom bersihin dining room dan masak dinner. Dan hari ini gw mutusin untuk ngga ngenet. Gw tau klo gw ngenet, gw pasti buka fesbuk dan pasti ada message di penpal dimana nanti gw akan buka tuh penpal dan tim akan tau gw online dan dia akan buka fesbuknya dan kita akan ceting dan hari gw ngga akan ada akhirnya. Gw tau kalau gw bilang sama Tim hari ini gw cape banget dia pasti ngerti dan akan nyuruh gw istirahat, cuman ah, gw nya pasti lebih memilih ceting sama Tim daripada istirahat =p. eventhough, tadi pagi gw udah mutusin untuk ngga lagi.

“ Ngga lagi apa Franz ?“

Ngga bisa gw jelasin. Yang pasti, ngga lagi-lagi. Kemaren adalah yang pertama dan terakhir, dan ya udah. Ngga akan ada lagi kesempatan ke dua. Gw udah mikirin mateng-mateng,I’ll bury all of that.

It’s over now.

I know that it’s gonna be hard for me. But I also know, I’ll survive. Coz this is so much nothing than what I ever been through before.

Anyway, Hari ini gw ke IND sama hostdad gw. Ke IND tuh harus sama hosparents ngga sih ? Gw ngga yakin harus…Orang mereka kan cuman perlu tanda tangan doank soalnya, sama bayarin. Nah itu kan bisa tanda tangan di rumah berhubung formnya di kirim ke rumah terus bayar kan bisa dikasih ke gw. Cuman either sendiri atau harus sama hostparents, hostdad gw nemenin gw. Kemaren malem pas ngisi form, lucu deh. Gw kan ngomel-ngomel dan masang muka pengen makan orang pas ngeliatin jumlah formnya yang lebih dari 20 halaman itu, mana keleyengan kan, soalnya kan pake bahasa belanda. Eh hostdad gw yang pada dasarnya baik, senyam-senyum dan bilang kalau dia akan isiin punya gw. Setelah dia minta paspor dan document gw, beberapa saat kemudian dia deh yang tenggelam dalam puluhan form dengan muka pengen makan orang, hahahahahaha, kerjaan gw bener-bener cuman tanda tangan doank =D. Dia mengingatkan gw apa aja yang harus gw bawa besok, dan gw pun cerita waktu gw ke embassy dulu pas ngambil visa. Gw juga menyampaikan sama dia kalau gw sebenernya agak takut besok kalau orang imigrasinya nanya macem-macem. Hostdad gw bilang,“ well you don’t have to worry, I’ll do the talking part, coz I’m one of the best talker in the world.” gw senyum terus bilang thanks.

Besoknya, beneran dia yang do all the talking part. Si petugas bilang ini ngga bisa itu ngga bisa lah, hostdad gw ngomong blablabla. Dan lo tau ngga, gw hampir aja ngga bisa berangkat ke Prancis ! Karena visa gw cuman berlaku sampai tgl 18 juli dan ternyata gw di Prancis di perpanjang sampe tgl 21 juli. Jadinya ngga bisa kan ? Hostdad gw ngotot kalau orang yang bicara di telefon sama dia bilang kalau gw bisa berangkat selama visa gw diproses. Si petugas ngotot kalau gw bisa berangkat tapi ngga bisa pulang ke belanda. Nah, gw dan hostdad cengo donk (gw agak ngerti perdebatan ini meski mereka adu urat pake bahasa belanda, beuh, keren abis deh gw =D). Hostdad gw bilang,” tapi ini kan D+C visa, kenapa dia ngga bisa balik. Karena kalau yang disebut sama orang yang di telefon itu adalah single visa dimana dia bisa keluar dari belanda tapi ngga bisa masuk lagi, kalau mau masuk harus urus visa lagi. What the f*#k ?? Akhirnya hostdad gw nyerah dan ngomongin yang lain. Dia cerita ke gw apa aja yang dia omongin untuk ngalihin perhatian si petugas pas di mobil (keluarga, anak, liburan, dll). Dan lo tau ngga ? Si petugas ngasih visa multiple ke gw yang berlaku selama sebulan (yang di tawar sama hostdad gw supaya si petugas ngasih lebih banyak lagi, akhirnya 3 bulan visa tinggal). Berlaku di semua negara dan bebas keluar masuk schengen countries. Jadi di paspor gw ada dua stiker dari imigrasi belanda : satu stiker au pair permanent resident, dimana seharusnya baru dikasih kalau foto dan TBC result gw keluar (ini langsung dikasih saat itu juga =p) berlaku sampe tgl 1 jan 2010, dari situ baru gw bisa dkasih izin tinggal lebih lama di sini. Dan yang satu lagi visa untuk keluar masuk negara-negara schengen yang berlaku sampe 01 oktober 2009. Buset deh, klo hostdad gw ngga ada, gw kyanya bakal pasrah aja tuh, ngga mampu untuk nego sama si petugas, hehehehehehehe…

No comments:

Post a Comment