Wednesday, July 1, 2009

June 04th 2009, Thursday

Heran euy, iklim menyebalkan banget sih negara ?! Udah dua harian ini temperaturnya menyebalkan banget, bayangin dunk, musim panas kok 12 derajat ?? Opo iki ?? Kemaren pas spring banyak panasnya, bagus-bagus, meski anginnya menyebalkan, cuman suhunya masih masuk akal ngga pernah dibawah 15 derajat, mungkin karena gw datengnya udah bulan mei yah, udah akhir musim semi. Mungkin pas bulan maret dan april dinginnya minta ditampol =p.
Jadi inget suatu kali pas hari sedang panas-panasnya di wassenaar yang udah deket banget sama pantai. Suhu 25 derajat , katanya…Karena pada kenyataannya suhunya panas banget. Gw curiga sebenernya lebih dari itu. Salah tuh temperaturnya. Anyway, waktu itu gw bawa anak-anak ke play ground. Termasuk si bayi Faye. Faye seru loh, ikutan maen juga, itu loh, maen semacam komedi puter, terus semacam kuda-kudaan, sama gw ajak jalan dengan tangannya gw pegangin. Kakak dan abangnya sih maen berdua aja, soalnya kan megang Faye juga udah ribet.
Okeh, balik lagi !
Jadi setelah kecapean dan kepanasan maen di play ground, kitapun nyari es krim di village. Beli es krim 40sen-an. Yang ternyata setelah gw peratiin adalah termasuk harga termurah di belanda. Soalnya es krim di Amsterdam rata-rata 1-2 eu per conenya, sedangkan pas kemaren maen ke leiden es krim harganya antara 2-3eu, shit ! Bisa beli sandwich noh, di subway ! anyway, spring yang panas waktu itu, dimana gw sendiri emang entah kenapa ngga terlalu suka es krim, gw yang coffee freak pun mesen frozen capuccino.
“ I’m sorry, but we only sell frozen capuccino in summer.”
“ But right now are really god damn hot !”
“ I’m sorry, you can come back on summer, in the meantime, would you like some ice cream ?”
AAAAAAARRRRRRRRRGGGGGGGGGHHHHHHHHHHHHHHHH !!!!!!!!!!!!!!!
“ No thanks, I only eat ice cream on summer.”
Nana, anak asuh gw yang tertua yang bisa bahasa inggris ketawa ngedenger jawaban gw sambil makan es krim smurfnya. Lou, cuman ngeliatin gw dengan senyum terkulum dengan mulut belepetan es krim sponge bob. Faye, nangis. Ngiler mau es krim juga.
Hahaha, I love them so much. They always know how to make me smile again =)
“ here Fransisca, sponge bob.” Lou menawarkan es krimnya ke gw dengan bahasa inggris terpatah-patah.
“ No thanks Lou.” Kata gw sambil tersenyum dan mnegusap kepala Lou. Ngerti kan kenapa gw sayang banget sama ni anak-anak =)
“Okay come on, get into bakfiets !!”
Lou dan Nana berlarian ke bakfiet dengan semangat. Gw selalu suka klo mereka excite akan sesuatu =). Khususnya Lou, si Mr. Nee. Seriously, dia selalu bilang nee untuk hampir semua hal. Gw sampe heran, tapi lucunya, meski dia bilang nee, dia akan lakuin apa yang gw bilang, hahahaha.
Contoh kasus :
“ Lou, eat your botterhaam please.” ( boterhaam itu bhs bldnya bread, gw emang suka campur2 klo ngomong sama Lou karena dia ngga bisa bhs inggris, jadi gw harus mengingat beberapa kata penting supaya agak nyambung sama Lou klo ngomong atau nyruh dia apa gitu, red ).
“ Nee !”
“ yes…” ini gw yang ngomong.
“ NEE !” sambil mengambil roti dari piringnya, gigit dan kunyah, hahahahahaha, anak yang aneh.
Lou, yang suka galak sama gw, kemaren keranjingan maen sama gw dan meluk2 gw. Hahaha. Nana sampe jealous abis dan sampe nangis, yah yah, mereka berdua emang suka rebutan perhatian gw. Ntar klo Nana bikin ulah, Lou nangis dan ngadu sama gw, minta di peluk. Ntar lagi klo Lou kesel dan bales Nana, nana nangis dan ngadu sama gw, minta di peluk. Alah ! emang alesan aja minta di peluk, hehehe...Cuman kadang2 suka gw cuekin sih, abisnya kan klo gw ladenin terus ntar mereka bakal saling benci satu sama lain. Ya udah biasanya klo udah sampe tiga kali gw pasti bilang,” Ok, you know what ? Stop it. I don’t buy it anymore. Just finish it without me. Three minutes !”
Udah deh ntar mereka grasak-grusuk, tau ngomongin apaan. Gw mah beneran ngga perduliin. Terjadi tabok2an, glepak2an, tangisan dari keduanya, meski masih sambil ngomong keberatan mereka masing2 satu sama lain.” One more minute !” suara gw, biasanya dari dapur.
Semenit kemudian gw liat mereka udah pelukan dan ketawa satu sama lain.Hahaha, bener kan mereka nurut sama gw =p. Padahal yah, ni anak2 track recordnya buruk banget di mata au pair dan nanny. Au pair lama (udah dua kali ganti au pair), sampe ketakutan dan minta sama hostmom klo pergi bawa anak-anak, huahahahahahahaha. Dia udah dibikin nangis entah berapa kali sama anak2 khususnya Nana, si anak paling gede. Mereka juga sempet punya nanny. Beuh, itu nannynya dibikin kewalahan. Padahal kan nanny itu kan pake sekolah apa yah, klo ngga salah kl disini ? Ya gitu deh, itu si nanny dibikin stress sama mereka, huahahahaha.
Gw ? dowh, mungkin karena gw sendiri enjoy sama keluarga ini, jadi gw ngga terlalu ambil pusing sama kegilaan mereka kali yaa…Atau mungkin mereka ngga strict kya orangtua mereka, jadi anak2 ngerasa bisa ngadalin mereka. Klo gw kan, well, sorry, I don’t buy it kids. Gw udah pernah ngasuh 3 ‘anak setan’ plus ade gw dan di lain waktu ‘1 anak setan’ plus dua anak normal. Jadi mungkin ngga ada nakal yang bisa bikin gw nangis kali yaa…lagian anak2 itu, klo kita jalanin aturan kya yang orangtua mereka biasa lakuin, mereka dengan sendirinya punya rasa hormat yang sama ke kita kya ke orangtuanya.
Meski begitu, jangan kelewat strict juga, khususnya sama anak2 yang orangtuanya termasuk keras. Hostparents gw termasuk salah satu dari sedikit orangtua yang member sedikit aturan dan banyak kesenangan. Cuman mereka lumayan keras sama anak2nya. Nah, yang kya gini, kita harus jadi pribadi yang agak sedikit(inget yah, sedikit) longgar. Contohnya, klo nyokapnya ngelarang mereka makan cookies sebelum jam 3, tapi anak asuh lu hari itu udah bersikap baik banget, ngga ada salahnya punya rahasia berdua dengan memberikan cookies yang mereka minta sebelum jam 3, dengan embel2,” Don’t tell Mama and Nana, okay ?” mereka pasti seneng, anak2 kan suka rahasia =p. percaya deh, abis itu dia pasti bakal lebih manis lagi bersikap. Lagian apa bedanya coba, efek makan cookies sebelum atau sesudah jam 3, sama aja kan ? ini cuman masalah aturan. Dimana aturan, ngga masalah klo di langgar dikit selama itu ngga menganggu orang lain seharusnya, hehehehe…
Atau klo si anak yang seharusnya jam 7 udah tidur, tapi jam 9an malah ngikutin elu mulu kemana-mana, termasuk pas lagi facebook-an, dan ternyata dia ngeluh laper padahal aturan rumahnya no more food after dinner…
Kasih aja makan, dengan embel2 supaya abis itu dia janji untuk tidur, dan juga jangan lupa bilang,” don’t tell mama and papa, okay ?” mereka pasti akan jaga rahasia itu baik2 karena takut diomelin jga =p.
Cuman inget, kasih longgarnya dikit aja. Karena pada umumnya gw ngga hampir selalu bilang ngga klo ngga, dan iya klo iya. Kapan tepatnya kita boleh kasih ke longgaran ??Ngga ada tolak ukurnya, cuman lo akan tau nanti kapan tepatnya. Tapi inget yah, jangan kelonggaran, karena nanti lo akan dinilai gampangan sama anak2 dan aturan lo bisa ngga ada artinya buat mereka. Dan yang paling parah, lo akan kehilangan respeknya mereka. Ngga mau kan ?? Jadi janga kelonggaran yah...
Anyway, anak2 lagi keranjingan maen kejar daku kau kutangkap sama gw, hihihi. Soalnya rule permainannya tuh sebenernya mereka larian dan lompatan di trampolin while gw dipinggir trampolin berusaha nangkepin mereka, eh mereka (khususnya Lou), malah membiarkan gw mengejar lalu menangkap gw terus meluk gw kenceng2, huahahahahaha...
Jadi inget pas nginep di asmterdam, gw terbangun tanpa baunya Lou atau faye yang khas. Sarapan, tanpa ngeliat Lou makan cerealnya dengan maruk. Lou punya wangi yang khas, Faye juga, klo Nana cenderung tidak berbau, jadi kurang khas =D. Kangen abis ‘bo, gw waktu itu !
Yah, begitulah teman, cerita gw soal hidup au pair gw. Basically, semuanya menyenangkan. Dan sebenernya gw punya jam2 santai di tengah hari, cuman gw cenderung ngga mau diem, ada aja yang gw pegang. Bersihin bakfiet lah, nyetrika padahal ngga perlu lah, beresin mantel2 lah, ngatur cutleries lah, ada aja…hehehehe…Abisnya lucu banget gw klo jam 3 udah bebas gitu, krik krik krik aja buat gw. Jadinya gitu deh, jalan terus, sampe ntar jam 5an gw baru berenti ntar kelar makan malam beresin piring2 dan bersihin meja makan, baru bener2 free, biasanya makan malam antara jam setengah 6-jam 6. Jadi sekitar jam setengah 7 gw udah bener-bener bebas. Biasanya gw nonton di kamar, nonton dvd. Bisa aja gw jalan ke centrum atau maen sama tetangga, tapi ah, muales ! mending di rumah, ntar pas weekend gw juga puas ke luar kota =D.

No comments:

Post a Comment