Friday, July 3, 2009

June 12th 2009

Hari ini, kya kemaren, gw agak jobless seharian. Dimulai saat gw kelar ngebersihin lantai 1 dan kamar anak2 jam 12 kurang (hari sabtu gw bisa mulai hari gw seenak gw, sekitar jam 8.30 atau jam 9). Ortunya hostmom dateng hari ini, ceritanya mau ngomongin our trip ke Prancis ntar bulan juli. Oia, gw belom cerita yah ? Gw diminta nemenin anak2 ke Prancis sama omanya nginep di rumah mereka di selatan Prancis, di Provence. Katanya hostmom, bakalan banyak cewe2 lain yang bakal bantuin gw karena di rumah itu mereka punya beberapa cleaning lady yang punya ponakan, adek, anak yang biasa dimintain tolong untuk ngasuh cucu2nya si oma klo lagi pada liburan kesana. Plus, tentu aja gw libur ngga ngerjain kerjaan rumah selama 5 hari, hehehehehe...
Tapi ngga jadi. Jadinya hari senin jam 9 pagi ngomonginnya. Ok, fine by me. Anyway, setelah ngga tau musti ngapain, gw mulai bongkar lemari snacks dan ngeresin tuh lemari yang emang udah acak adul, loading cuciannya Marie Jose biar ntar dia tinggal nyetrika, terus gw baca deh. Nana ikut oma dan opanya ke Centrum, Lou maen di luar, Faye sama nyokapnya. Jam setengah 1an, gw nanya apa gw pelu ngeset table buat lunch, hostmom minta ngeset meja di luar karena mereka mau lunch di teras. Tapi Lou dan Faye makan di rumah. Jadi gw ngeset dua meja. Beberapa menit selesai.
Lou ngga mau makan siang, sednag Faye udah ngga sabar mau makan. Gw selalu berpendapat bahwa ngasih makanan yang pasti disukai anak2 jangan langsung semua. Kya misalnya tadi pagi pas sarapan, hostmom beliin cereal baru yang gw tau anak2 pasti suka, gw juga menemukan hagelsag yang lucu itu, yang sometimes ada crocodille, monkey, apple, itu deh, juga hagleslag yang rasa orange. Gw memutuskan untuk mengeluarkan cereal baru itu. One thing at the time. Begitu juga siang ini. Gw tau Lou bakal berubah pikiran mau makan siang klo dia liat hagelslag yang ada monkeynya itu. Dan ternyata bener, pas gw ngeluarin boxnya sambil bilang,” Hagelsag ?” mata Lou langsung berbinar dan dia langsung ngangguk2 semangat sambil bilang,” Yes, yes !”. gw ketawa.” Crocodille, crocodille.”. gw ngeliat boxnya. Yanga da cuman monyet,” No, it’s only monkey.” Lou ngeliatin gambar kotaknya bentar, lalu bilang,” yes, Yes.” Udah dua minggu ini Lou mau ngomong inggris sama gw. Dia mencoba, itu bagusnya. Sama kya gw yang mencoba bicara belanda sama dia meski kacrut. Sama kya inggrisnya Lou. Tapi lucunya, Lou berpendapat kalau gw ngerti bahasa belanda, karena emaren dia berantem sama nana soal hal ini. Lou ngotot klo gw bisa bahasa belanda, nana ngotot klo gw cuman ngerti bahasa inggris. Ngga berapa lama dari itu nana ngomel sama gw pas gw ngomong inggris sama Lou,” He doesn’t speak anglais Fransisca, he speaks dutch !” gw menjelaskan sama Nana kalau Lou ngerti maksud gw. Dan begitulah, dia ngotot klo Lou sama sekali ngga bisa bahasa inggris, dan gw menjelaskan klo sekarang Lou ngerti sedikit2. Hal yang nana belum bisa ngerti lo diantara gw dan Lou udah terjalin koneksi yang mmebuat kita berusaha saling mengerti satu sama lain dan saling suka satu sama lain sehingga terjalin satu keenyataan aneh : tetep bicara dengan bahasa masing2, tapi bisa saling ngerti maksud satu sama lain.
Anyway, balik ke cerita makan siang, Lou pun makan roti pake meses menarik itu. Dia berhasil ngedapetin 4 monkey, hehehehe. Sedangkan Faye makan buah yang gw proses kemaren : kiwi + pisang + pir + melon. Ditambah setengah slice roti plus yoghurt satu cup. Setelah rotinya abiss, gw nanya apa dia maau lagi atau ngga,” No.”
“ No thank you, Fransisca.” Gw mengoreksi.
“ No thank you, Fransisca.” Lou merepeat kata2 gw.
“ Can you mij auto spellen met me ?” salah satu sentence inggris campur belandanya Lou =p.
“ Okay, but later after i finish feeding faye, clean the table, and then put Faye to sleep.”
“ Okay.”
“ do you want some fruit ? Apel ? banaan ? melon ?”
“ Apel.”
“ apel please.” Sekali lagi gw mengoreksi.
“ Apel please.”
“ Okay, finish your soya milk.”
Lou langsung ngambil gelasnya dan ngabisin susu di gelasnya. Sama ortunya, ngga pa-pa klo ngga ngabisin susu. Sama gw, makanan boleh nyisa, tapi susu harus abis. Itu peraturan gw. Ngomong2, Lou suka banget susu kedelai. Jadi di rumah ini ada 2 jenis susu : susu sapi dan susu kedelai.
Setelah susunya abis, Lou berjalan nyari apel yang dia mau di fruit basket. Dia melihat pir, Lou yang sangat suka pi pikirannya langsung berubah dan minta pir dan minta gw ngupas. Gw yang males ngupas2 sebenernya langsung ngambil alat motong apel buat motong tuh pear baru gw kupas kulitnya. Lebih gampang soalnya klo udah dibagi gitu.
Sementara Lou makan pirnya, faye udah kelar juga makannya. Jadi gw ngeberisihin meja bais kita makan siang. Lou, semenjak kita jadi deket, suka banget nyebut nama gw tanpa ada maksud. Gw sayang banget sama anak2 ini. Dan gw seneng klo Lou akhirnya ngerti klo gw sayang banget sama dia seperti gw sayang sama nana.
Gw jadi inget kemaren, Nana dan Lou berantem. Nana yang agak suka maen fisik klo marah, langsung ngedorong Lou sampe jatoh. Lou lari ke gw nangis di pelukan gw. Lou klo nangis selalu harus di peluk. Gw, yang tadi susah banget nyuruh mereka make pampers mereka sebelum gw naro mereka ke tempat tidur untuk tidur malem itu, ngomong sama nana klo gw ngga suka rudeness. Gw mengingatkan dia klo ini tuh adiknya yang dia dorong. Nanapun sibuk ber sorry2 sama Lou, terdengar menyesal karena dia ngga bilang sorry sambil menggerutu. Lou kesel dan mukul Nana, Nana nangis. Lou nangis. Dua2nya dipelukan gw. Akhirnya gw bilang,” Okay, kids, say sorry to each other. Rudeness is unacceptable by me.”
Gw tau klo nana ngga ngerti apa itu unacceptable. Lou cuman ngerti bagian sorry-nya, gw yakin. Nana langsung nurut sama gw dan langusng meluk adiknya sambil bilang sorry berkali-kali ke Lou.
Meskipun hari ini gw dan Lou ngga berhasil maen mobilan atau maen trampolin seperti yang dia minta karena ada aja halangan. Dia sampe nangis loh pas nyokapnya bilang dia harus pergi ke pesta ulang tahun tanpa kita berhasil maen, padahal dia udah ngekorin gw di dapur sore itu.
Setelah mereka pergi, kembali lagi gw nganggur...
Fesbukan...

No comments:

Post a Comment