Wednesday, July 1, 2009

May 18th 2009, Monday

Dimulai pada hari minggu (kemaren, red) yang sangat memalaskan karena gw baru bangun jam setengah 10 ! Gw udah mutusin dari kemaren-kemaren bahwa hari minggu gw akan chill out di rumah aja. Nyantai-nyantai maksudnya =p. Sama bersihin kamar sih, biasalah, kerjaan mingguan : bikin kinclong kamar mandi, kamar tidur, dan kloset. Setelah gw kelar fresh up (cuci muka, dandan untuk terlihat natural-I still don’t understand why we, woman, spent so much time to make our face looks “natural” and makes so many effort with that “natural colour” to put on our face =D-, ganti baju tentunya), gw pun turun. Berniat sarapan. Pas gw sampe di bawah, hostmom langsung nanya, gw mau ngapain hari itu. Ya gw jawab, kalau gw mau chill out aja hari ini.

“ Well, don’t you want to go to The Hague ?”.

Gw jawab dengan no. Minggu ini gw kerja 6 hari, dari senin-sabtu dan hampir tiap malam di minggu ini gw mem-baby sit anak-anak, gw cape luar biasa. Pengen tidur. Isi tenaga biar hari senin, yang mana adalah hari libur gw juga, gw bisa ke centrum, niatnya jalan kaki. Seriously, setelah hampir 3 minggu gw di Wassenaar, ngga pernah seumur-umur gw jalan kaki ke centrum dari rumah. Ah, Fransisca coret agaknya gw. Maksud gw, it’s so not me =p. Hostmom pun mulai sibuk nawarin ini and itu sebagai tujuan gw jalan-jalan. Sampai dia tiba di satu titik dimana dia menyebut nama Madurodam. Gw awalnya ngga ngeh itu apa, cuman setelah dijelasin, gw baru inget kalau dulu koran Sindo pernah bahas tentang jalan-jalan di Belanda ke Madurodam.

“ Oh yes, I wanna see that !”

Hostmom langsung senyum penuh sukacita dan langsung bilang,” I’ll check about it in internet.”

Ngibrit deh dia ke depan komputer, while hostdad dari ruang kerjanya teriak-teriak bilang,” hey Fransisca ! Do you want to go to Hofwijck Museum ?”

“ No, I guess.”

“ How about blablabla…” dia nawar-nawarin ini dan itu saat gw berusaha sekali untuk menyela bermaksud bilang kalau gw mau ke Madurodam. Tapi hostdad terlalu bersemangat…

“ Oh I have a great idea for you to go !”

“ No, sir, actually,”

“ Madurodam.”

Halah ! Nah iya atuh Meneer, gw dari tadi pengen bilang ituh !

“ Died, I’ve told her already !” hostmom gw teriak dari depan kompuer terus ngga berapa lama muncul deh di dapur gabung sama gw dan hostdad dimana hostdad gw sedang menjelaskan sama gw apa itu Madurodam.

“ I’ve told her, puss.” ucap hostmom gw sambil senyam-senyum ngeliatin hostdad terus ngeliat ke gw.

“ She did ?” tanya hostdad ke gw.

“ She did.” jawab gw sambil cengengesan.

“ Oh, I feel hurted.” hostdad gw mulai becanda dan hostmom gw mulai ngelus-ngelus pipinya hostdad gw sambil bergaya mengasihani, mesra abis dah !
Akhirnya hosttdad dapet ide tentang gimana caranya gw menuju ke Madurodam. Mereka berdua bolak-balik ke depan komputer. Hostdad mulai semangat ngomongin hal lain yang mungkin bagus juga untuk gw datengin. Tongtong festival. Dulu namanya Pasar Malam. Acaranya orang indo =D. tapi ternyata setelah di cek belum mulai. Masih kapan gitu, mereka pun mulai semangat nyari cara gimana caranya gw ke Madurodam. Juga tentang apakah mereka buka hari senin, terus bayarnya berapa.

Setelah satu jam, akhirnya kehebohan berakhir. Dapet fakta kalau Madurodam buka di hari senin dan bayarnya 14,50eu. Dari Wassenaar ada bis sekali, cuman bukan naik dari Kievet, halte bis terdekat dari rumah gw. Gw harus ke halte Kerkehout dimana menurut 9292 gw harus jalan dari rumah gw selama 16 menit. Kata hostmom gw, gw pernah ngelewatin halte kerkehout, dulu waktu gw jalan-jalan sampe Sekolah Indonesia dimana daerah itu namanya Kerkeheut.

Ya, ya, gw tetep aja lupa gimana kesananya. Dulu kan kenapa gw bisa sampe sana purely gara-gara gw nyasar =D. tapi santailah, gw tau orang Belanda kalau niat bantu mereka akan bantu maksimal. Makanya gw tau, I can count on people out there whenever I get lost in this windy country.

Dan bener aja. Besokannya, gw aja bingung gw kudu belok kiri atau kanan dari belokan rumah gw =D. gw putuskan belok kiri akhirnya, karena kyanya ada di sono =D. Tapi sebelum gw salah mulu, akhirnya gw balik badan nyamperin halte kieviet liat peta. Hmm…Ngga ada gambaran dimana Kerkeheut, it means, bis nomer 43 yang lewat di halte Kieviet emang ngga lewat Kerkeheut. Ya iyalah, kalau lewat tuh 9292 ngga bakal nyuruh gw ke kerkeheut buat ngambil bis ke Madurodam kalee… =p. Ya udah, gw jalani keputusan gw tadi.

Sambil jalan, gw berusaha mencari pejalan kaki, cuman gw baru inget, betapa orang Belanda males jalan (they bike a lot !) dan khusus untuk Wassenaar, they drive a lot ! Jadilah gw harus ngga milih-milih klo ketemu orang yang lagi jalan atau naek sepedanya agak santai biar gw stop =D. Tapi gw yakin, siapapun orang yang gw temui ntar, pasti orang baik. Karena dengan rohaninya tadi pagi gw pas morning pray minta khusus sama Tuhan soal ini, ahahahahahahahaha !!

Beuh, bener kan dapet !

Ada ibu-ibu lagi bawa jalan anjing polisinya yang langsung pengen loncat ke gw. Beuh gw mah udah ngga takut sekarang sama anjing. Gw berhasil menjinakkan dua bulldog di rumah gw dulu tanpa dikenalin sama host family guah, kaga ada lagi anjing yang gw takutin, apalagi anjing yang jelas-jelas lagi sama majikannya. Eh ada ding anjing yang gw takutin, anjing liar ! Bukan kenapa-napa, klo ternyata dia rabiesan gimana ?? Hahahahahha, mungkin ngga sih, di Belanda anjing rabiesan berkeliaran ?? Hehehehe…

Anyway, si ibu pas denger gw nyari halte Kerkeheut agak kaget, karena katanya Kerkeheut tuh udah bukan di wilayah ini. Ya ya, tante, ‘desa’ sebelah kan ? Dia nanya emang gw mau kemana gw jawab donk, Madurodam ! Di halte Kerkeheut ada bis yang langsung ke Madurodam. Si ibu pun mengangguk-angguk, dia bilang di halte situ emang ada banyak bis yang lewat. Akhirnya dia ngajakin gw jalan sama dia karena dia takut gw nyasar. Baek bener kan, baru kenal udah takut gw nyasar ?? Hahahahaha, doa terjawab !! Orangnya ramah banget.

Di Belanda gw hampir selalu ketemu orang baik yang seramah ini untuk menolong gw. Dia ngga gimana gitu pas denger gw au pair, tetep aja kita ngobrol banyak. Ngomongin anjing, ngomongin gimana kerjaan gw, ngomongin gimana perasaan gw stay disini, ngomongin cuaca (topik paling asoy di belanda ! Klo di indo dan amerika, ini udah dikategerikan sebagai -ngga punya topik-dan akan membuat suasana jadi garing krik krik krik, tapi di Belanda, ini topik keren, huahahahahaha !!). Ternyata belokan menuju kerkeheut adalah belokan menuju rumah Nina, sahabatnya hostmom gw yang punya au pair filipin, temen gw, namanya Morena. Pas udah mau ke belokan, si ibu nanya apakah gw bisa kesana sendiri atau apakah perlu dianterin. Ajieb, baeknya keterlauan ni orang. Gw pun bilang, ngga perlu kok, makasih, cuman tinggal ambil jalan yang itu, jalan terus mentok belok kanan kan ? Si ibu mengangguk sambil tersenyum. Gw bilang makasih banyak dan kita pun berpisah. Gw nengok beberapa kali ke belakang saat dia masih memperhatikan gw, mungkin make sure supaya gw ngga salah ambil jalan yang mana diantara dua jalan terbelah ini. Gw memberikan senyuman terakhir plus dadah sebelum gw ambil jalan yang dia tuju yang dibales dengan senyum dan dadah dari dia juga. Nice person abis. Malaikat, apa beneran orang ??

Kalau malaikat, berarti gw udah ketemu malaikat berpuluh-puluh kali di Belanda, karena as you know, I’m a very disoriented person, jadi gw bisa dipastikan selalu nyasar kalau gw lagi jalan. Cuman sudah menjadi kebiasaan gw untuk selalu count on sama orang-orang disekitar gw sejak gw di Indonesia. They will lead me to the right way, kalaupun ngga they absolutly just want to give the best of them to help me. Isn’t it good ?

Setelah salah ngambil halte (my mistake, karena instead of belok kanan, gw malah belok kiri, tolol abis, penyakit lupa di gabung sama disoriented, bukan gabungan yang bagus =D ). gw pun sampe di halte Kerkeheut, dimana gw ketinggalan bis !! Ya udah gw harus nunggu setengah jam di sono, buat bis jam 09.15, sial ! Sampe Madurodam jam 10, dimana itu adalah perjalanan ke Den Haag pertama gw tanpa dianter hostparents gw. Rasanya, gimana gitu. Pengalaman pertama masuk bis, dimana bisnya kosong abis. Jadinya gw bisa minta tolong sama si supir untuk berentiin gw di Madurodam. Dan si supir, nganter gw pas di depan Madurodam. Dan bahkan nunjukin dimana pintu masuknya. Gw ngedadahin si supir sambil bilang thanks. Gw peratiin orang Belanda kebanyakan say thanks, jadi mari kita lakukan juga ! Di indo udah jarang orang bilang say thanks. Dan gw, di Indo sebagai salah satu dari orang yang kebanyakan bilang thanks, sama sopir mikrolet di jakarta aja gw say thanks, hahahahaha. Disini gw berasa selalu kurang bilang thanks =D.

So Madurodam ! 14,50eu untuk masuk. Gw bawa duit 50eu, jadi ya masa ngga cukup ?! Bis kan pake strippenkaart yang udah dibeliin Dewi waktu itu yang 15 strip =D, thanks ya wi... Gw ke Madurodam sebenernya cuman sebagai model lead aja buat gw, bagian mana di Belanda yang mungkin membuat gw tertarik untuk datangin karena all the famous thing all over Netherlands mereka punya maketnya di Madurodam ini =D. Gw pun memperhatikan baik-baik, hmm…banyak juga yang mau gw datengin di Belanda ini kyanya, alamat setaun ngga akan cukup untuk nyamperin ini semua plus menyambangi 5 negara lain di Eropa nih, sebagai target gw =D.

Setelah puas berjam-jam di Madurodam, gw mampir bentar di toko souvenirnya, awalnya cuman mau ngangetin badan berhubung hari ini anginnya anjrit banget, eh gw malah beli buku : The Dutch, I Pressume ? Cak elah gw, tangan gw emang ngga bisa liat buku nganggur emang =D.

Abis itu gw ke jalan ke centrum, sekali lagi nemu orang baik yang menunjukkan gw arah ke centrum dari Madurodam, yang emang ternyata agak jauh, dan dia ngasih cara kesananya detail banget. Dan gw berjuang mengingat semua fakta yang dia sebutin. Awalnya dia bilang gw naek tram nomer 9 aja, tapi gw bilang mungkin gw akan lebih enak kalau jalan. Ya udah, dia ngajarin gw jalannya. Cewe yang baik banget. Abis itu setelah semua arah yang dia kasih tau gw jalanin (and then you can ask someone else there because you will forget it now if give all the fact to you now.begitu kata si cewe). Gw pun nanya seorang lain. Seorang yang baik yang mengantar gw menuju centrum. Seorang kakek2 ramah yang punya toko buku di ujung jalan centrum. Sambil jalan bareng kita ngobrol banyak. Gw bersyukur karena gw tipe ngomong dan suka baca jadi mau ngobrol sama siapa juga gw pasti punya topik. Cieh, sombong…Ahahahahahaha, tapi emang loh, si kakek bilang nice to chat with you, dia mengundang gw untuk mampir ke toko buku tempat dia kerja untuk dikenalin sama istri dan anaknya. Hahahahaha. Ya udah mampir bentar, kenalan dan ngobrol lagi bentar, dikasih kopi terus lanjutin perjalanan =D. ketemu cowo afro american ganteng yang warna kulitnya coklat bukan item, pas gw lagi pengen nyebrang. Dia di ujung sana, gw di ujjung sini. Dia senyum dan gw menolak senyum. Dia menerebos lampu merah sama temen-temennya, mereka semua berpakaian rapih karena pada pake dasi semua, jam makan siang, ya ya ya. Dia menyapa gw sambil masih senyum, sekali lagi gw cuekin. Kebiasaan di Indo kalau di flirt orang di jalan suka gw jutekin, huahahahahaha. Si cowo agak kaget pas gw masem-masem aja, hahahahaha.

Pas di centrum gw mampir ke subway beli sandwich, laper euy, maksudnya mau dibawa buat makan di plaats, yang ada patung prince van oranje itu loh. Eh di Subway yang jualan ngeflirt gw. Awalnya karena menurut dia gw aneh karena pas dia tanya mau isi apa sandwichnya, atau mau pake roti apa gw selalu bilang whatever. Lama-lama dia ketawa gitu. Pas akhirnya dia nanya mau mayoneise yang mana, uuuggghh, kenapa sih, harus ada segitu banyak mayoneise ?? Gw bilang whatever lagi. Dan dia ketawa, gw bilang aja what are you suggest to me, dia bilang gimana klo honey mayoneise. Gw langsung masang muka ngga suka. Dia ketawa dan bilang,” You said what I suggest ! Girls usually pick this !” katanya, “well I’m not.” jawab gw sambil ikutan ketawa. Akhirnya gw putusin gw yang mayoneise lite aja. Abis itu kita ngobrol bentar sampe akhirnya dia nanya nomer hp gw, gw bilang gw ngga tau karena gw belum inget Dia minta gw miskol dan dia akan kasih nomernya dia, gw bilang gw ngga punya pulsa (beneran ngga punya pulsa !). Dia nanya gw tinggal dimana, gw bilang bukan disini, di Wassenaar, jauh. Dia bilang ngga jauh kok, alah ! Tinggal ajah !!

Di plaats gw duduk dalam damai sambil nikmatin sandwich gw dimana pria yang duduk dikursi sebelah gw sibuk sat sut ke gw, et deh, berasa bukan di Eropa sekarang guah, sini samperin kalau berani ! Apaan tuh sat sut sat sut ! Norak tau ngga ! Anyway, Gw tau dia ngeliatin gw. Dan, oh my God dia asli ganteng abis ! Tipe ganteng gw ! Ada apa sih dengan Den Haag hari ini ? Kenapa cowo ganteng pada bertebaran dimana-mana, kan ngeselin =p. Cuman gw cuekin aja dia, ya iyalah, cwe terhormat neeh ! Mungkin karena gw cuekin mulu dia ngga berani lagi sat sut sat sut lagi, tapi tiap kali gw ngeliat ke dia, dia akan langsung malingin muka, hahahahahaha !! Lagi penasaran ngeliatin gw ya mas ? Sini napa sih samperin ? Gokil amat sih lo =D.

Setelah sore, gw pun pulang, dan sampe rumah gw langsung ambil sepeda, jalan keliling Wassenaar ! I love biking, a lot ! YYYAAAAYYYY !!!

No comments:

Post a Comment