Saturday, June 27, 2009

May 16th 2009

Hi temans ! Duh maap udah lama ngga nulis, abisnya lagi males nulis =p. Maaf yaa..

Setelah 10 hari disini, gw udah bisa menyesuaikan ritme hidup keluarga ini. Yang mana tiap pagi mereka biasanya bangun telat, dan suddenly waktu mereka turun semua terjadi begitu cepat karena semua orang terburu-buru. Mau tau kerjaan gw ? Duh, kerjaan gw agak lebih berat ke light house work nih. Yang paling bikin gw shock adalah hostmom minta gw ngevacuum lantai satu dan ngepel dapur, ruang makan dan foyer tiap hari ! Gw setuju tapinya, karena hostmom punya alasan masuk akal untuk ini. Nafas beratnya si Lou. Dia bilang kalau dia biasanya juga melakukan semua itu tiap hari. Karena klo ngga Lou bisa sesak karena dia alergi debu. Meski berat, gw terima dengan senyum ceria dan,” Okay !” ala gw. Seriously, gw kyanya ngga pernah nolak deh klo dimintain tolong ini dan itu, hehehe. Untungnya biasanya juga hal-hal yang berhubungan dan masih masuk akal. Kya hostmom minta gw nyetrika klo sempet, cuman supaya setrikaan ngga numpuk terlalu tinggi karena si laundry lady cuman dateng sekali seminggu. Gw pun menyanggupi.

Ngomong-ngomong, tadi sore gw, hostmom, dan hostdad ngobrol bertiga semacam evaluasi kerjaan gw. Dan rapor gw ? Mereka suka banget sama gw ! Nana suka sama gw -yang adalah tidak pernah terjadi sebelumnya-, Lou meskipun berlaku ngga suka sama gw tapi dia ngedengerin gw. Katanya gw tenang tapi cheerful, percaya diri dan meyakinkan, helpful, rapih, dan dapat dipercaya. Ajjieb, gw flattered abis =D. Hostmom yang lebih banyak mengevaluasi, karena dia yanbg sepanjang hari sama gw. Dia bilang dia suka sama gw, begitu juga hostdad. Meski begitu, gw tetep bilang kalau gw minta mereka maklum kalau ntar ada hal-hal yang gw masih ngga ngerti dan mungkin akin gw tanya berkali-kali. Salah satu yang gw suka dari hostmom gw adalah, dia bilang kalau dia ngga akan cape ngasihtuin sama gw beratus-ratus kali kalau emang gw masih lupa. Hostdada nimpalin, bilang kalau itu bukan marah, cuman ngasih tau. Gw bilang kalau gw ngerti dan gw justru lebih suka di koreksi blak-blakan daripada gw ngga pernah tau apakah gw salah atau bener. Dari dulu gw ngga pernah suka dengan kenyataan jikalau gw ngga tau apakah gw bener atau salah. Bener, ya bener, salah ya salah, jangan bener yang disalah-salahin atau salah yang dibener-benerin.

Oia, gw udah terbiasa juga nih nyetir tuh bakfiet. Udah ngga grogi lagi klo pas di jalan gede. Tapi aduh ilah, di indo ngg apernah bawa gerobak disini gw bawa gerobak. Biarin dah =p.

Oia tadi kita juga ngomongin soal off day gw. Hostdad keberatan dengan ide hostmom kalau gw dapet dua kali weekend tiap bulan. Karena katanya tiap sabtu dia butuh gw untuk jagain faye karena biasnaya tiap sabtu dia, hostmom, nana dan Lou pergi. Kalau bawa faye agak ribet karena Faye masih punya jam tidur siang, makan, belum boker. Hostmom masih ngotot kalau gw harus dapet dua kali weekend sebulan. Hostdad menyarankan minggu dan senin. Akhirnya gw menyela debat mereka dengan bilang,” well at least once a month ?” hostdad setuju, hostmom tersenyum terus bilang,” There it is, win-win solution.” gw bales senyum.

Ini dia jadwal gw tiap hari :

Set table, naro semua makanan sarapan ke meja, unload diswasher, siapin snack box : 07.30 - 08.00
Sarapan : 08.00 - 08.15
Keluarin bakfiet dari garasi taro ke depan gerbang : 08.15 - 08.20
Manggil anak-anak, makein sepatunya Lou : 08.20 - 08.25
Anterin anak-anak ke sekolah : 08.25 - 08.45
Beresin kamar Nana, Lou, Faye : 08.45 - 09.15
Ngelap meja, loading dishwasher, beresin meja dapur, balikin makanan ke tempatnya : 09.15 - 09.35
Ngevacuum lantai 1 : 09.35 - 10.05
Ngepel lantai dapur, ruang makan, toilet lantai 1, dan foyer : 10.05 - 10.25
Ngajak Faye jalan-jalan : 10.25 - 11.15
Set table for lunch : 11.15 - 11.20
Sisanya, kya jemput anak-anak dari sekolah, dan lain-lain, biasanya to be discussed. Kadang gw kadang hostmom. Yang sempet aja siapa. Pagi-pagi adalah hari sibuk gw, karena gw sibuk membuat rumah livable =p. Waktu masih hari pertama, gw lamanya di beresin kamar anak-anak biasanya. Gw bisa makan waktu 20 bahkan sampe setengah jam untuk satu kamar ajah ! Untung aja sekarang gw semakin cepet, jadinya sebelum anak-anak pulang rumah udah bersih. Lou ngga perlu bernafas berat.

Di luar light housework, gw dan nana terrjalin saling pengertian. Dia emang suka liar dan menyebalkan sesekali, cuman namanya juga anak-anak. Lou masih belum bisa gw taklukin, well, suatu hari nanti pasti bisa. In the meantime, biarlah dia menikmati jadi anak bandel di mata gw untuk sementara =p. Faye udah kenal gw.

Sejujurnya, ada masa dimana gw merasa gw pengen pulang di tujuh hari pertama. Mungkin karena gw ngga biasa secape itu plus harus ngurusin anak-anak yang seringnya bikin pusing kepala gw, khususnya Lou. Cuman akhirnya, gw dealing with myself. Suka atau ngga suka, Belanda akan menjadi rumah gw setidaknya selama setaun kedepan. Dan gw akan dan harus melakukan apa aja cara untuk membuat gw kembali positif.

Maka gw mengingat kemblai alasan gw au pair. Teringat betapa gw pengen eksplor eropa, teringat akan buku-buku yang akan gw buat karena dapet inspirasi dari tinggal disini, teringat akan semua hal yang udah gw korbanin untuk sampe disini.

Gw tau kalau gw akan bahagia disini. Kenapa ? Karena gw memutuskan untuk bahagia disini. Gw tau kalau gw berada di host family yang tepat. Kenapa ? Karena hw udah berdoa untuk host family macam gini jauh sebelum Smiling Faces mengenalkan Vellinga sama gw lewat profile mereka sampai akhirnya setelah gw officially ajdi au pair mereka gw udah mutusin bahwa no matter what, mereka adalah host family terbaik untuk gw. Gw tau kalau gw akan get along dengan anak-anak. Kenapa ? Karena tiap pagi I whispered in my pray so God gave me unconditional love so I able to love this kids, no matter what they did, do, will do.

Dan yang paling penting, I know that I will fight for comfortable feeling to stay here. Kenapa ? Karena gw bisa ampai disini itu bayarannya darah dan airmata.

No comments:

Post a Comment