Sunday, April 12, 2009

Thursday, Apr 09th 2009

DOOOOOWWWWWHHHHH !!!! Gw mau curhat nih !!! Iya lah, gw tau, seharusnya gw ngga boleh ngeburai-burai kehidupan pribadi gw disini, this blog suppose to be professional and dedicated to all the people who wants to do au pair. Sebenernya gw juga punya blog satu lagi yang isinya lebih ke kehidupan pribadi gw dimana disana gw lumayan ngeburai-burai hidup gw pada khalayak banyak di dunia maya. Cuman masalahnya, blog gw itu pake bahasa inggris ! padahal gw tuh lagi pengen banget curhat pake bahasa indo. Berhubung gw ‘cuman’ punya dua blog, blog ini dan blog bahasa inggris itu, ya udahlah gw curhat disini. Jadi, sorry yeee klo kali ini ngga ada hubungannya sama ke-au pair-an. Eh, ada deh dikit. Justru gw curhat karena au pair gw ini. Eh, berarti gw ngga salah ya, curhat disini ?? hahahaha…

Abis lo baca ini atau mungkin malah selama lo baca ini, terserah elu deh, mau bilang gw sensitip kek, lebay kek, apa kek, bodo lah !

Jadi begini yah, temans, seperti yang lo semua udah pada tau, gw kan bentar lagi berangkat nih, ke Belanda (sombong… =D), gw tuh pengen banget sebelum gw cabut gw ketemu dulu sama temen-temen gw. Emang sih, gw perginya juga cuman setaun, cuman gw sendiri dalam seminggu komunikasi sama mereka bisa sampe beberapa kali. So, for me, not meeting them for like, a year, it’s going to feel like hell for me =p. So anyway, wajar donk, kalau gw sebenernya sedih banget musti ninggalin mereka.
Ada yang sebel gw pergi, ada yang kesenangan waktu gw terancam ngga jadi ke Portugal dan kemungkinan berangkatnya berarti masih lebih lama lagi, ada yang iri gw pergi, ada yang sedih gw pergi, ada yang malah marah gw pergi. Begitulah emosi temen-temen gw. Sedangkan gw ? Gw sendiri seneng dan sedih.

Seneng karena I finally go abroad dan mungkin bisa melakukan mimpi gw untuk keliling Eropa. Sedih karena, my whole life, is definitely born and turn here. At least for now, and before now. My best friends, my families, my community, my dream job. Semuanya ada disini. Emangnya gampang ninggalin itu semua ? meski cuman setaun, buat gw sih lumayan susah.

Sahabat-sahabat gw udah kya sodara buat gw. Mereka lah tempat gw curhat, seneng-seneng, ngelepasin penat, mereka lah orang – orang yang bisa ngebuat gw ketawa sampe sakit perut sampe suara gw ngga kedengaran pas ketawa sanking gelinya gw. Sodara-sodara gw, udah kya sahabat-sahabat buat gw. Abang-abang dan adek gw adalah orang –orang yang akhirnya akan gw datangi klo gw udah kehilangan arah dan ngga tau musti gimana, mereka lah tempat gw bisa nangis dan menceritakan apa yang ngga bisa gw ceritain sama sahabat-sahabat gw. Bokap gw ? Gosh, he’s the reason why I keep chasing my dream. Nenek gw ? She’s the reason why I running through the time nowadays, tryin’ so hard to beat it.

Kenapa gw ngomong ngalor ngidul gini ?? because there’s one person in this world who surprisingly able to drive me crazy due to my au pair in The Netherlands !
Bayangin ! Udah lebih dari sebulan dia nolak ngomong sama gw ! Cuman gara-gara gw mau berangkat au pair ke Belanda ! sebelumnya, udah sempet ada satu orang sahabat gw yang giniin gw juga, malahan dia parah, ngediemin gw sampe tiga bulan gitu, baru deh otaknya beres. Masa yang ini juga mau sampe tiga bulan sih ?? keburu gw udah sampe Belanda nih !! Ngga bisa lagi gw menggunakan frase,” Santai…Belanda masih jauh…” soalnya Belanda udah didepan mata, udah ngga jauh lagi !

Gw akuin, emang salah gw ngga pernah ngomong sama dia dari awal klo gw ngedaftar au pair. Gw emang ngga pernah ngomong tentang hal itu. Tapi gw ngga salah sepenuhnya donk. Maksud gw, banyak hal yang ngga gw ceritain ke dia. Banyak hal yang masih menjadi misteri dan rahasia buat dia tentang gw. Dan itu adalah hal yang biasa gw lakukan. Setidaknya semenjak beberapa tahun ini. Itu ‘cuman’ cara gw melindungi diri kok…

Gw tau klo dia marah sama gw, dan gw ngerti. Tapi yang ngga bisa gw ngerti adalah cara dia dengan melewatkan setiap hari dengan ngga mau ngomong sama gw. Bukankah setiap detik itu berarti ? Bukankah seharusnya kita menghabiskan waktu bareng bahkan mungkin lebih banyak dari sebelumnya ?

hey, i still gonna go anyway

Buat temen-temen yang pada mau au pair, mungkin nanti kalian akan alamin seperti yang gw alamin. Mulai dari sulit izin sama orangtua, susah meyakinkan abang-abang atau kakak-kakak lo, harus meninggalkan sahabat-sahabat lo, pacar atau gebetan lo, atau mungkin meninggalkan dia, orang yang sangat lo kagumi dan mungkin cintai tapi dia ngga tau, tsah elah !

But it all worth, I guess.

Gw sih positif aja klo disana I’ll be just fine. Gw akan punya keluarga baru, temen-temen baru, mungkin pacar baru =D.

The thing is, semua tinggal mind set kita aja. KLo kita mengeset pikiran kita bahwa kita bahagia, yah, kita akan bahagia. Klo kita mengeset pikiran kita dengan mengatakan klo setidaknya,selama setaun disanalah rumah kita, well, jadi lah kya gitu. Klo misalnya kita mengeset pikiran kita bahwa baik atau buruk, host family kita di negeri sana nanti, adalah keluarga kita disana, setidaknya sampe setaun kedepan. Ya jadilah seperti itu, perlakukan mereka seperti mereka adalah keluarga lo. Klo kita mengeset pikiran kita bahwa temen-temen kita disana sama baiknya dan sama gilanya kya temen-temen kita disini, jadi deh kya gitu.

Just get used to it.

Mungkin semua itu akan me-reduce kemungkinan homesick.

Gw tau sih, gw belum berangkat, dan seharusnya gw ngga bisa ngomong kya gini sama kalian. Wong gw sendiri pun belum sampe Belanda, belum bisa ngajar-ngajarin orang lah. Klo kata Lamris, seorang au pair di Jerman yang gw kenal lewat internet bilang,” Soulnya belum dapet.”

Hahahaha, gw ini penulis, gw ngga perlu ngalamin sesuatu dulu untuk get involve sama perasaan-perasaan didalam tulisan gw kan ? Cukup ‘menenggelamkan’ diri gw kedalamnya udah bisa membuat gw merasakan jiwa dari tulisan gw. Sebagai penulis, gw dibiasakan untuk ‘masuk’ kedalam tulisan gw 10x lebih dalam dari orang yang bahkan mengalaminya. Hey come on, bahkan penulis bisa membuat segalanya menjadi lebih menyenangkan atau lebih menyedihkan dari keadaan sebenernya dan orang percaya ! Penulis bisa mengubah hal yang menyedihkan jadi dipandang menyenangkan dan mengubah hal menyenangkan jadi menyedihkan, dan orang bisa terpedaya karenanya !

Makanya diri gw terlatih untuk memandang diri gw jauh kedepan dengan berbagai pertanyaan di benak gw yang biasanya diawali dengan kata,” What if…”. Sebagai penulis gw terbiasa memposisikan diri gw di point of view-nya orang lain.

Tapi sebagai penulis, gw masih terbatas memahami mengapa kita, manusia, lebih mudah dikuasai oleh pikiran buruk daripada pikiran baik.

Itu udah beyond my limit as human and author kali yeee…

No comments:

Post a Comment