Thursday, April 2, 2009

Tuesday, 31 March 2009

Belum ada kabar soal dokumen neeh, kemaren onlain sampe jam 3 pagi di pesbuk, ym, penpal, dimana gmail gw standby, sekedar menunggu, SIAPA TAU TUH DOKUMEN DIKIRIM PAS PAGI BUTA GITOH, cuman tiba – tiba gw baru nyadar. Klopun Smiling Faces ngirimnya pagi – pagi buta tetep aja kan gw baru bisa tau pas k’Harris udah bangun ? Yah, udahlah gw mulai cuek, lanjutin kerjaan gw.

Anyway, kemaren emosi gw lumayan naek tuh, gara – gara komputer gw ngga kunjung bener (padahal semua data gw ada disana dan dengan manisnya belum ter-back up, CRAP !), dan ada masalah sama skype gw (kenapa sih sama skype gw ???), terus udah gitu si Irma sedikit ngeluh soal hostfamnya. DDDOOOOWWWHHH !!! Gw yang sebenernya pengen bilang,” Kenapa sih, lo ngga bisa bersyukur aja dan melihat segala sesuatunya dari segi positifnya kebanding ngeributin sisi negatifnya ??” eh tapi gw malah ngemeng ini dan itu panjang dan lebar berusaha keras ngga ngeluarin emosi gw karena gw tau banget emosi gw itu sebenernya bukan untuk dia (tapi untuk komputer gw, skype gw, koneksi internet gw yang bapuk-gw pake xl sodara-sodara !-, bos gw, dan ngga lupa Nikita, Sekar, Cinta Fitri!), jadilah gw tersiksa didalam, AAARRRRGGGHHHH !!!

Then, ya udahlah, gwpun menghabiskan hampir seharian dengan nonton Scrubs satu season !! Ampun deh, bener –bener hari yang ngga produtif banget. Cuman pada akhirnya gw seneng juga sih. Soalnya karena itu semua seharian ini gw bisa nyantai (hal yang langka buat gw hari-hari ini…) sembari baca buku manualnya Smiling Faces yang sampe rumah gw kemaren siang dikirim si agen via pos. Klo ngga gara-gara itu, gw pasti baca buku tuh buku manual cuman pas lagi di jalan ajah, disaat gw ngga bisa melakukan pekerjaan gw (klo mereka ngga ganggu lewat telfon =D). Membuat gw teringat bahwa selalu ada sisi positif dari hal negatif, seandainya kita mau ‘maksa’ diri kita untuk ngeliat sisi yang satu itu. Makanya kan, Tuhan nyiptain dua sisi ? Positif&negatif, bener&salah, baik&jahat, hitam&putih, kiri&kanan, atas&bawah, naik&turun, optimis&pesimis, whatever lah, you named it.

Ciiiiieeeeeee F, pinter amat ah, ngomongnya, plokplokplokplokplok =D.

By the way, jujur aja, ada hal – hal yang gw bertanya-tanya sih sebenernya, khususnya soal mendidik anak versi Smiling Faces. Contohnya soal mereka tuh aware banget soal ‘jangan membiarkan anak-anak dekat dengan air di luar pengawasan kamu meski hanya semenit !’. Gw jadi kepikiran aja soal gimana gw membiarkan adek gw yang waktu itu masih berumur 2 tahun sibuk maen aer udah gitu malah gw ‘tugasin’ cuci sepedanya dia. Gw inget adek gw girang banget, dan dia bener – bener ngemban ‘tugas’nya dengan serius loh ! Soalnya sepedanya yang meski cuman disirem-sirem doank (dan dia basah kuyup seluruh badan) tuh beneran bersih, dan yang paling bagus, dia tuh seneng banget. Dan seharian, bahkan sampe hari-hari ke depan, adek gw tuh jadi anak yang manis banget. Meski emang, gw jarang-jarang ngebiarin dia maen air. Tapi menurut gw sesekali ngebiarin kan ngga pa-pa. Bagus kan, buat daya imajinasi mereka. Sekaligus supaya daya tahan tubuh mereka juga bagus. Atau peraturan mereka yang lain soal makan boleh di suapin klo mereka ngga mau makan sendiri. Buat gw meng-encourage mereka untuk mandiri makan sendiri dari kecil itu penting banget se-messy apapun ruang makan ntar jadinya. Kan bisa dibersihin. Itu prinsip gw. Yang penting bikin makan sendiri jadi menyenangkan ajah. Nah, itu emang tergantung kreativitas dan niat kita kuat apa ngga. Dan, sama seperti Smiling Faces, gw pun ngga terima yang namanya mendidik dengan mukul, tapi gw juga ngga terima mendidik dengan mengatakan sama anaknya,” kamu nakal.” Kya yang di buku manual. Gw percaya sama apa yang namanya kuasa perkataan. Klo kita bilang dia nakal, ya udahlah jadilah dia seperti itu. Meskipun sebenernya cuman untuk menunjukkan klo yang dia lakuin itu salah, gw ngga suka menunjukkannya dengan bilang,” Kamu nakal.”. Klo emang pengen bilang perbuatannya salah, kenapa ngga bilang to the point klo perbuatan dia salah ? Tanya sama dia salahnya dimana abis itu benarkan/koreksi dengan menjelaskan salahnya dimana. Kenapa harus bilang dia nakal ? Meski begitu, gw emang sependapat soal ngomong dengan suara tegas atau kasih mereka ‘time out’ karena gwpun ngasih adek gw time out, sejak umurnya masih setaun =D. Apa gw yang terlalu keras yah sekaligus terlalu santai yah, ngedidik anak ?

Tau lah. Yang pasti gw kudu tunduk sama peraturan Smiling Faces, secara gw ada di host familynya mereka. Eh, tapi sebenernya banyak juga sih, yang diajarin Smiling Faces yang membuka mata gw. Kya contohnya mereka mengingatkan gw bahwa :” They will not be ill from skipping one meal.” Heheheh, karena gw tuh tipe yang khawatir banget klo adek gw sampe skip satu jam makan aja. Buat gw makan sedikit ngga pa-pa, karena kan toh adek gw ntar bakal minum susu, cuman tetep harus ada yang masuk, karena kan susu bukan multivitamin =D. pernah loh, gw ngamuk luar biasa sama asisten rumah tangga gw karena membiarkan ade gw ngga makan siang. Waktu itu jamannya gw masih kuliah dari pagi sampe sore, tante dan om gw tentu aja kerja, pulangnya pada malem. Pas gw pulang, gw mendapati rumah berantakan abis, ini masih bisa gw toleransi meskipun kepala gw pusing abis ngeliatnya (dan gw kecewa abis sama asisten rumah tangga gw). Anyway, kebiasaan gw kan klo abis pulang dari mana-mana gw selalu tanya langsung sama adek gw,” Abang udah makan ? Makan apa ? Udah minum susu ? Tadi tidur siang ngga ? Udah minum vitamin ? etc, etc, etc.” dan adek gw berhubung dia pinter dan jujur(ciee, muji adek sendiri, ngga pa-pa lah ya =p), dia selalu jawab sejujurnya dan seadanya. Pas ternyata adek gw jawab klo dia belum makan siang, belum minum susu, belum minum vitamin, ngga tidur siang, gw langsung ngamuk luar biasa sama asisten rumah tangga gw yang clumsy itu.

Hehehehe, iya lah, gw tau gw suka lebay.

Orang gw melihara hamster gw aja lebay; beli makanan hamster aja, gw ngeliat kandungan nutrisinya dulu terus ngebandingin satu merk dengan merk lain. Dan menimbang-nimbang merk mana yang paling mendekati asupan kebutuhan nutrisi hamster dengan sebelumnya gw udah tau detail nutrisi apa aja yang harus dipenuhi dalam makanan hamster tiap harinya. Pas hamster gw menyusui anak-anaknya, gw kasih makanan tambahan bikinan sendiri sejenis makanan berprotein tinggi yang si induk dan bayi-bayinya bisa makan tiap pagi. Tante gw aja sampe geleng-geleng kepala ngeliat gw segitu hebohnya sama peliharaan. Makanya tante gw tuh ngga tanya-tanya lagi klo di rumah pas ngga ada asisten rumat tangga dan baby sitter, karena bukannya nyombong, tapi adek gw dan rumah kita biasanya lebih keurus sama gw dibanding pas asisten rumah tangga atau malah tante gw yang in charge =D.

Anyway, semuanya kan tetep aja kembali sama host family gw. Mereka maunya gw gimana sama anak-anak mereka, itu kan yang seharusnya gw lakukan ? Klo adek gw, ya dia kan adek gw. Ini kan anak orang lain. Tante gw mempercayai gw mendidik anaknya menurut prinsip yang gw percayai karena dia tau gw sayang sama anaknya dan ngga bakal nyakitin anaknya dan gw ngga akan mengecewakan dia sebagai orangtua. Gw ngga bisa ngarepin itu dari host fam gw terlalu banyak tentunya. Tapi gw akan berusaha keras supaya mereka percaya sama gw. Dan tentunya supaya kita punya hubungan yang baik dan dekat sekali. Itikad baik gw neeh, mudah-mudahan direstuin Tuhan (amiiiinnnn !!!).

Ngomong-ngomong katanya Yenni ‘anak-anak gw’ kyanya baik-baik, pas dia ngeliat foto mereka yang gw kirim ke dia via email. Ya, gw harap juga begitu. Klo baca apa yang host fam gw gambarin soal anak yang paling tua, si Nana (5tahun) kyanya agak keras kepala. Yah, gw harap sih gw bisa jadi temen baik sama Nana. Waktu ngajar sekolah minggu gw berhasil ngerebut hati anak-anak cewe umur segitu yang super bengal, masa iya Nana ngga bisa ? Meski dari negara yang berbeda, pada intinya kan sama, anak cewe umur 5 tahun. Lagian duet maut sepupu kembar gw yang bule Australia macam Cinta Laura itu aja bisa gw antisipasi =p. Gw harap sih sama Nana juga gw bisa berhasil ngerebut hatinya (amiiiiinnnn !!!).

Ngomong-ngomong, setelah sekian lama gw selama ini berinteraksi sama hostdad gw, gw akhirnya memberanikan diri nanya alamat emailnya hostmom. Gw kan juga perlu punya hubungan baik sama hostmom =). Jadi lah kemaren gw minta, dan hostdad gw yang selalu responsif banget, langsung ngasih alamat email hostmom gw dan gwpun juga langsung ngirim email ke hostmom. Cuman surat pendek yang bilang klo gw dapet alamat emailnya dari hostdad karena gw pengen kenal hostmom lebih jauh juga. Gw juga ngomongin soal dia yang lagi ngejar mimpinya. Itu gw ngirimnya udah jam 1 pagi di indo (sekitar jam 7mlm lah, di Belanda). Pas gw bangun pagi-paginya jam 7, terus ngecek email sebelum turun ke bawah buat sarapan, hostmom udah bales email gw. Tanggapan dia positif sekali soal gw yang berniat baik untuk kenal dia lebih dulu juga. Dia pun cerita soal dia dan mimpinya sedikit, di tutup dengan cerita dia tentang apa yang dia lakukan sama anak-anak hari itu. Hostmom gw juga kyanya ramah !!! Tapi gw masih khawatir nih, gw harap sih gw bisa get along yah sama hostmom gw, doakan aku yah temans ;-).

Okeh, udah banyak banget nih gw ngomong, lanjut ntar-ntaran yah ;-).

Smell you later, guys !

No comments:

Post a Comment