Sunday, April 12, 2009

Wednesday, April, 8th 2009

Hi guys !

Aku punya kabar baru…Yah, emang biasanya gw klo nge-post selalu gara-gara gw ada kabar baru kan ??? Hahahaha…Well, sebenernya sih yang pengen gw ceritain adalah, kalau gw jadi ke Portugal !!! Jadi ceritanya begini :

Menurut itung-itungan gw dan agen gw, visa gw baru di issue tgl 22 Apr, itu sebabnya kenapa si agen bilang sama gw kalau mungkin saja gw ngga jadi ikutan liburan ke Portugal dan dia menyarankan supaya gw jangan kecewa kalau emang misalnya nanti itu beneran kejadian, karena liburan selanjutnya mereka pasti akan ajak gw.

Nah, menurut itung-itungan CP nya SF yang satu lagi visa gw di issue tgl 21 Apr. Ini lumayan ngaruh loh buat gw perbedaan 1 hari ini (sangat ngaruh malahan !). Karena kalau ternyata visa gw beneran di issue tgl 21 Apr, berarti gw bisa ikutan ke Portugal. Soalnya kan sampenya tgl 22 Apr, seperti permintaan paling telat gw sampe di Belanda sesuai permintaannya host fam gw. Nah, cuman menurut CP nya SF yang laen sebenernya kalau kita jelasin orang kedutaan tuh mau ngerti dan kalau kita bisa ngomongnya, mungin mereka akan ngabulin visa gw di issue sebelum tgl 21. Say, 20 Apr. Terus gw tanya donk sama dia, “Mereka kan pasti nanya kak, alasannya apa, aku harus jawab apa ?”. Terus dia bilang,” Kamu bilang aja kamu dimintanya untuk sudah ada disana tgl 21, atau tiket pesawat kamu berangkatnya tgl 21, pokoknya kamu jelasin aja.”

So, sesuai tgl appointment (6 apr 2009 jam 10.00), gw ke kedutaan dengan membawa seabrek berkas. Sebenernya pas gw telfon mereka cuman minta gw untuk bawa paspor asli, fotokopi paspor halaman depan&belakang 1 rangkap, dan pas photo berwarna 4x6cm. But, in case of ternyata mereka minta ini dan itulah, gw bawa semua dokumen gw. Dari mulai berkas yang dari IND itu yang ada beberapa lembar itu, asuransi gw, akte kelahiran gw yang udah dilegalisir(ataupun yang belum), surat undangan yang dari IND itu, fake flight ticket, sampe ijazah gw (yang udah diterjemahin maupun yg belum), hasil medical check up gw, KK, dowh, semuanya deh, yang namanya dokumen gw, gw bawa itu semua, biar klo diminta gw tinggal kasih ngga pake nyusul-nyusul. Nah, pas ngisi application visa form, gw isi tgl gw harus udah ada disana itu tgl 20 Apr. Iyah, emang nekat. Soalnya kan katanya
Setelah isi form yang ternyata ngga jelimet (tapi poinnya ada banyak !), gw pun dikasih nomor antrian gw pas beberapa hari sebelumnya gw bikin janji (nomor 40, sodara-sodara!). Sambil nunggu antrian, gw mikir,” Kira-kira alasan apa yah, yang ngga pake boong tapi cukup beralasan sehingga permintaan gw untuk visa di issue antara tgl 20-21 bisa dikabulin ?”.

Mikir…

Eh ternyata gw ngga mikir-mikir banget. Soalnya gw malah ngeliatin orang yang lagi dapet giliran. Loket tengah, yang persis ada didepan gw, seorang ibu yang sibuk ngeluarin dokumen ini dan itu kyanya banyak banget dan dia laaammmmaaaa banget disitu. Loket paling kiri adalah satu rombongan orang yang ngurus visa semacam kya kolektif gitu, jadi pas giliran mereka segerembolan orang sekitar 6-7 orang langsung nyerbu tuh loket, petugasnya aja sampe shock dan akhirnya mereka ketawa-ketawa bareng. Meratiin cewe yang di loket paling ujung yang tadi duduk disebelah gw yang ngurus visa turis dan kyanya kurang satu dokumen yang diminta dan lagi deal sama petugasnya dengan susah dan kyanya kesel karena dia ngomongnya suaranya keras gitu.

Lalu ibu-ibu di loket tengah pun kelar. Berarti giliran gw. Dan gw udah ada ide untuk alasan. Ya, emang begitulah cara kerja otak gw berpikir. Gw jarang memikirkan satu perkara dengan fokus cuman ke perkara itu, gw terbiasa dengan ngambil keputusan dan mencari solusi plus jawaban sambil melakukan hal-hal lain. Contohnya waktu gw belanja. Gw bukan tipe orang yang,” Beli aaaaahhh, gw suka…” atau,” beuh, lagi diskon, gw kudu beli nih !” atau apalah yang semacam itu gw tuh biasanya mempertimbangkan banget. Gw perlu atau ngga, kalau emang perlu seberapa perlu ? Apakah perlu sekarang atau nanti juga bisa ? Apakah gw sebenernya udah punya benda yang secara fungsi dan atau tampilan hampir sama dengan yang ada didepan gw ini ? Cuman sambil mikir itu, gw sambil liat barang lain dan mempertimbangkan barang yang lain itu juga =p. Dowh pokoe banyak deh pertimbangannya. Klo emang ngga dapet jawabannya, pasti gw bawa dulu, sambil liat-liat benda lain otak gw berjalan memilah-milah mana yang penting mana yang ngga, mana yang harus dibeli sekarang mana yang sebenernya masih ntar-ntaran juga bisa. Nanti pas udah sampe kasir, gw udah tau mana yang jadi gw beli atau ngga. Jadi otak gw bisa bekerja maksimal pas sambil ngerjain hal yang lain.

Balik lagi ke yang tadi, gw udah mikir kalau gw akan bilang sama petugasnya kalau gw harus berangkat tgl 21 maksimal karena host family gw disana hanya bisa jemput gw paling telat tgl 22 karena tgl 23 mereka mau liburan. Kalau lebih dari itu, gw alamat terkatung-katung di Belanda ditinggal hostfam liburan.

Jadi gw pun ke loket. Petugasnya cantik sekali. Gw curiga dia blasteran. Namanya Evie Siregar. Dia minta paspor gw dan form yang tadi gw isi itu juga bersamaan dengan si pas photo dan foto kopi paspor gw. Ketak-ketik…

Evie :“ Ini ngurus visa apa ya ?”
Fransisca :“ MVV.”

Ketak-ketik lagi...

Evie : “Ngurus MVV dalam rangka apa ?”
Fransisca : “ Au pair.”
Evie : “ Oh, Ok.”

Sibuk ketak-ketik lagi...

Evie : “ Tunggu sebentar ya, jangan ditutup telephonenya.”
Fransisca : “ Iya.”

Si petugas menghilang sebentar, gw pun merapikan map gw. Beberapa menit kemudian,dia balik.

Evie : “ Saya akan usahain ini di keluarin tgl 17, tapi kalau ternyata ngga bisa, berarti tgl 20 ya ?”
Fransisca : (Agak shock karena ngga perlu memberi alasan dan tawar – menawar kya beberapa orang yang gw liat tadi juga ibu-ibu yang gw temuin pas gw ngelegalisir) Oh, ya.”( sok santai ngomongnya =p).
Evie : “ Nanti datang tgl 17 jam 12 siang, tapi kalau ngga bisa diambil tgl segitu nanti akan di hubungi lagi. Pokoknya nanti kamu bawa bukti asuransinya ya ? belum diurus kan ?”
Fransisca :” Udah, udah dikirim kok, saya bawa kok.”
Evie : Oh ya ?”
Fransisca : “ Ya, saya bawa kok.”

Gw pun mulai sibuk buka tas dokumen gw lagi dan ngambil map yang berisi semua dokumen asli gw. Dalam hati gw bersyukur karena gw bawa ini, jadinya ntar pas gw dateng ngambil visa gw ngga ribet lagi. Setelah dapet polisblad gw yang ada lambang ISIS dan Gouda itu, gwpun ngasih ke si Ms. Evie Siregar itu. Dia membaca sebentar...

Evie : “ Ini boleh untuk saya ?”
Fransisca : “ Oh ya, ya, boleh.”
Evie : “ sebentar ya.”

Dia pergi lagi meninggalkan gw yang senyam-senyum. Ya bolehlah, ambil aja. Gw kan masih punya dokumen yang sama di komputer gw, tinggal print lagi susah amat. Pas si Ms. Evie Siregar balik, dia sibuk ngetak-ngetik lagi. Abis itu ngasih instruksi yang sama untuk gw balik lagi ke kedutaan tgl 17 Apr jam 12 dengan membawa nomor antrian gw itu, terus udah deh !

Ya ampyun, gw sama sekali ngga perlu memberi alasan apapun untuk mempermudah prosesnya, karena dengan sendirinya semua itu udah dipermudah. Gila ya ??

Tadi pagi emang pas gw doa pagi gw cerita sama Tuhan klo gw masih pengen berangkat cepet ke Belanda terus ke Portugal sama host fam gw. Tapi gw juga bilang sama Tuhan, klopun ternyata visa gw di issue tgl 22 ya di permudah aja Tuhan, sebenernya agak males berurusan dengan birokrasi.

Selama gw dijalan tepatnya naik busway, gw ternyata tanpa gw sadari sering mengucapkan,” Please God, please...” wkwkwkwkwk !!

Are You feel that pity for me God ? Anyway, Thanks God, i love You, mmmuuuaaahhh !!

GUYS, I’M GOING TO PORTUGAL, YYYYAAAAYYYY !!!

No comments:

Post a Comment