Tuesday, February 10, 2009

Monday, September 22th 2008

Tadi pagi gw nelfon temen gw yang udah setengah tahun lulus kuliah tapi sampe detik ini belom dapet kerjaan. Intinya, pengangguran. Sama aja kya gw. Iya sih, status gw masih mahasiswa dimana gw juga MASIH semester 9 dimana semua mata kuliah udah gw beresin, tinggal skripsi aje. tapi masalahnya, gw udah muak banget sama ni bidang. Emang sih, harusnya meskipun gw udah muak, gw tancep gas aje, nyelesein skripsi, biar ntar sekalian aja gw tinggalin ni dunia keakuntansian ( apaan seh ?? ). tapi, kembali lagi sama kenyataan paling ciamik yang menghantui gw.

GW MUAK !!!!

Jadilah gw mengurus cuti kuliah gw, dimana gw berjanji untuk mengisinya dengan hari - hari paling bermanfaat dalam hidup gw selama gw hidup 23 tahun ini ( iya gw tau, gw udah terlalu tua untuk sekedar baru nyadar untuk mengisi hidup dengan hal yang bermanfaat, kemaren – kemaren kemane aje mbaaak ?? ). Tadinya, gw mau dateng ke berbagai penerbit nawarin novel gw. Tapi mimpi emang ngga seindah bunga, dan jalan tol ngga selalu tanpa hambatan. Novel gw ngga pernah diterima penerbit. Okeh, gw merasa udah ngelantur terlalu jauh.

Balik lagi ke yang tadi, jadinya, gw sama temen gw tadi yang sebenernya bernama Mariana, nonton di bioskop deh. Kita memutuskan nonton Hellboy 2. Gw sih, sebenernya udah nonton dari Hellboy 2 baru naek bioskop di Bogor, cuman berhubung dari dulu gw suka banget sama Hellboy, jadilah gw ngga masalah harus nonton Hellboy 2 untuk yang kedua kalinya. Yah, anggep aja gw lagi ngulang di DVD, cuman bedanya layarnya kali ini lebih gede dan suaranya stereo banget ( ya iyalah… ). Abis nonton, kita ngobrol – ngobrol di Gramed. Btw kenapa gw ngga masukin naskah novel gw ke Gramedia aja yaa ?? Siapa tau disana gw malah diterima, wkwkwkwk. Anyway....kitapun keliling – keliling sambil liat – liat buku sampe pinter banget =p. Nah, si Mariana ini nyeritain tentang temen kita yang lain bernama Irma ngajakin dia aupair.

Pada tau aupair itu apa ? jadi, aupair itu adalah anak muda usia 17 - 30 tahun belum married dan belom punya anak juga yang datang ke suatu negara untuk belajar bahasa dan kultur dari negara tersebut. Anak muda tersebut bakal tinggal dengan host family dimana kita dikasih makan, dikasih minum, dikasih kamar pribadi, dibiayain kursus bahasa negara tersebut, dan ngga lupa dikasih uang saku. But, semuanya ngga ada yang gratis 'bo. Kita harus tuker semua itu dengan bantuin si host family kita sekitar maksimal 30 jam seminggu jagain anak mereka. Meski ada juga yang sampe 45 jam seminggu, biasanya yang begini uang sakunya gede.

Balik lagi ke si Irma. Jadi ceritanya si Irma ditawarin agen aupair dimana kita harus bayar tu agen 8 juta.

Okeh. Menurut gw, itu angka yang lumayan besar. Meskipun kalau dihitung - hitung dengan benefit yang bakal didapet pastinya jauh lebih besar. Cuman ya itu tadi. mana ada sih, orangtua di indo yang mau anaknya 'kerja' ibaratnya kya baby sitter di negeri orang, padahal anaknya lulusan S1 atau sedang kuliah S1. Pasti rata – rata mereka berpendapat supaya mendingan anaknya cari kerja di negeri sendiri. Ngomong – ngomong, alesan orangtua yang begini nih, yang gw ngga suka banget. Karena gw pribadi ( juga Mariana ), sebetulnya cuman jadiin aupair sarana kita untuk cari tau barangkali ada beasiswa untuk kita – kita ini melanjutkan S2. Jadi nyari uang bukan tujuan utama, itu cuman bonus ajah.

Nah, ngelantur lagi deh gw. Lanjut lagi ! Selama si Mariana cerita tentang aupair ini dan sesekali nanya – nanya ke gw karena gw biasanya lebih tau dari dia berhubung gw suka banget sama informasi, pendek cerita gw tertarik.

Pasalnya, gw udah tau tentang aupair ini sekitar tiga tahun yang lalu, dan dua tahun yang lalu gw akhirnya dapet keluarga di Jerman yang bakal nampung gw. Mereka pasangan muda yang sedang menantikan kelahiran anak kembar mereka. gw udah sering ngobrol sama host family gw ini yang biasanya lewat email atau video chat pake web cam.

Sampai akhirnya gw tau kalau peraturannya di Jerman itu harus kudu bisa bahasa Jerman level A2 yang dibuktikan dengan sertifikat ( atau A1 aja udah cukup yah ? Wah, gw lupa, hehehe ). Nah, udah deh, pupus harapan gw. Si bapaknya pikir gw punya sertifikat sampe level itu, soalnya kalau dia ngomong pake bahasa jerman ( asal pelan – pelan ) atau nulis email pake bahasa jerman, gw ngerti. Masalahnya gw ngga punya sertifikat itu.

Kemampuan berbahasa jerman gw didapet dari belajar otodidak setelah sebelumnya gw ngeles jerman di IPB yang bertahan ngga nyampe sebulan karena gw ngga betah dengan sistem kya kuliah gitu. Gw emang punya penyakit untuk nolak hal apapun yang dipelajari secara formal. Gw benci berada di kelas, belajar. Terus, gimana lo bisa kuliah sampe semester 9, coba ?? Jujur aja, kalau lo tanya temen – temen sekelas gw, gw itu jarang masuk, sukanya cabut sama temen – temen gw yang sama aja begajulannya kya gw (=D). Tapi karena gw punya jiwa penasaran tinggi yang pengen tau ini dan itu, gw tanpa dipaksa dan bukan karena dipaksa, gw bakal BELAJAR ! Iya, belajar, itu semua karena gw pengen tau banget, bukan bermaksud buat masukin ilmu karena gw kebanyakan cabut, hehehe. Gw malah suka ngerjain soal juga, ngga tau, suka aja. Udah gitu temen baik gw meskipun tukang cabut juga kya gw, otaknya encer banget. Dia mampu menyerap info sekali denger / baca / lihat dan terpatri jelas begitu di otaknya meski dia dengernya / bacanya / liatnya males - malesan. Manteph abis deh, jadi klo gw ngga ngerti tinggal nanya atau mungkin debat sama dia. Abisnya dia suka banget ngatain gw bego, ELO TUH YANG BEGO, ENAK AJE !

Balik lagi soal bahasa jerman gw, semenjak itu gw belajar sendiri aja,otodidak. Pake CD dan buku import yang katakanlah namanya Belajar Bahasa Jerman Untuk Orang Tolol. Berhubung gw yakin dan percaya betapa tololnya gw soal bahasa asing ( termasuk inggris, meski ngga setolol bahasa lain ), gw pun membeli buku yang mahalnya amit – amit itu. Setelah buku yang mahalnya amit – amit itu kelar gw pelajarin dan lumayan gw kuasain, gw beli satu paket bukunya Goethe ngga lupa sama kaset – kasetnya, Themen Neu itu loh. Gitu deh caranya gw belajar jerman. Plus gw punya temen yang kuliah di Swiss yang meskipun tempat kuliahnya berada di Swiss yang berbahasa prancis, tapi unfortunately, temen - temennya pada orang berbahasa jerman semua. Jadi deh temen gw itu kudu belajar bahasa jerman juga untungnya dia cepet belajar. Dia deh yang biasanya ngebetulin salah – salah ucapnya gw. Udah. Gitu doank caranya gw bisa bahasa jerman dikit.

Semenjak itu, gw males lagi aupair. Soalnya gw kan waktu itu ngincernya aupair di Jerman, karena mau kuliah disana, hehehe...

Eh, sekarang ada jalannya. Meski mahal.

Gw dan Mariana sepakat untuk ikut tapi dengan syarat, gimana kek caranya, kita harus ngusahain untuk berada di negara yang sama. Berhubung agen yang nawarin itu cuman nanganin untuk ke Jerman, Belanda dan Belgia, akhirnya kita memutuskan untuk ke Belanda ajah, karena lebih banyak fasilitas untuk aupair yang bisa kita dapat disana.

Dan impian gw, sekolah di Eropa kyanya mulai bisa gw realisasikan. Soalnya, gw berniat pas aupair gw sibuk nyari - nari info untuk beasiswa kuliah minimal beasiswa biaya hidup. Karena setahu gw lebih banyak beasiswa yang bisa kita cari kalau kita udah sampe disana. Gw sekarang ngga Germany oriented lagi, soalnya mengingat sekolah di Jerman butuh waktu yang lama, mendingan ngga usah deh. Lagipula, gw pernah baca tentang student loan bagi warga negara manapun yang bermaksud untuk menuntut ilmu di Norwegia asal kita udah disana ajah ( loh kok jadi Norwegia, ntar deh kapan – kapan gw ceritain yaa...) dan juga udah keterima disalah satu kampus sana.

Waktu Mariana masih nyerocos tentang kemungkinan apakah dia dibolehin keluarganya atau ngga saat kita lagi menyusuri komplek perumahan orang di daerah bekasi ( Perumnas II namanya, adakah kamu tinggal disana ?? ), pikiran gw melayang - layang pada kemungkinan bahwa gw bisa sekolah di Norwegia. Negara impian gw.

Dan gwpun tersenyum.

***

1 comment: