Tuesday, February 10, 2009

Saturday, September 27th 2008

Setelah panjang dan lebar ngomong sama si perwakilan agen aupair yang ngajakin kita aupair, gw dan Mariana memutuskan untuk ke Belgia aja. Soalnya, pelamar yang mau aupair ke Belanda tuh banyak banget jadi mereka sebenernya udah over load untuk yang ke Belanda. Sedangkan pelamar untuk Belgia malahan minim, padahal lagi dibutuhin. Nah, demi melihat kesempatan berangkat ke Eropa cepet, gw dan Mariana menyambar kemungkinan untuk pergi ke Belgia ajah !

Tapi....Belgia sebenernya lebih banyak biayanya, soalnya tiket pesawat masih nego ( bisa dibayarin, bisa ngga ), terus visa kita bayar sendiri ( kalau Belanda yang bayar host familynya ), pokoe, untung menuju Belgia lebih mahal daripada Belanda, tapi lebih cepet. Berhubung Mariana maksa untuk natalan disana, jadi deh kita berkejar - kejaran dengan waktu ( tsah elah ).

Setelah ngobrol-ngobrol semakin jelas sih semua informasi yang gw udah tau dari dulu. Soalnya apa yang gw tau itu kan udah peraturan 3 tahun yang lalu, pasti banyak yang berubah sekarang, Dan ternyata emang betul. Contohnya soal pendapatan, sekarang uang sakunya aupair di Belgia minimal udah 450 eu sedangkan di Belanda minimal 310 eu. Naik sekitar 10 eu dari 3 tahun lalu lah ( duile, 3 tahun cuman naek 10eu ! ). Kenapa Belgia lebih besar uang sakunya dari Belanda, sebenernya gampang aja. Soalnya biaya hidup di Belgia lebih tinggi ( katanya...). Cuman klo menurut itung - itungan gw sih gara - gara aupair di Belgia ngga ada tuh yang namanya dikasih uang transportasi tiap bulannya, semua udah mencakup di uang saku yang kita dapet. Sedangkan kalau Belanda kan uang saku dan uang transportasi beda lagi…

Sejauh ini, semua informasi yang dikasih yang bagus – bagus ajah. Lagipula katanya k'Dame mereka ngga pernah tuh yang namanya nanganin kasus dari host family yang melakukan sexual harrasment ke aupairnya. Itu mah kan, udah yang paling nakutin buat kita, makanya kita, para calon aupair yang ketemuan hari itu sama dia menjadikan itu sebagai pertanyaan pertama untuk dicari tau, hehehe. Katanya K’ Dame sih, palingan aupairnya yang bandel, karena pernah ada aupair dari dia yang hamil sama pacarnya di Belanda sana, jadi deh dipulangin ke indo. Soalnya, inget kan, syarat aupair, harus belum punya anak...

Gw, semakin semangat. Mencoba membuka - buka file di otak gw tentang informasi yang gw simpen about student loan di Norway yang dulu pernah gw cari – cari. Rencana gw kali ini, selama gw aupair nanti gw berniat dateng ke Norway beberapa kali untuk cari tahu lebih dalem tentang student loan ini. Selain gw juga berniat jalan - jalan juga sih di Eropa, hehehe…Terinspirasi sama si Marina yang keliling Eropa modal seribu dollar. Pengen… Yah, intinya, kyanya bakal banyak banget deh, yang pengen gw lakuin selama setahun gw di Eropa. setaun nih, mumpung !!

tapi, semua keinginan gw yang menggebu - gebu itu dipatahin sama Mariana yang bilang sama gw kalau abang dan kakaknya ngga ngizinin dia.

Yah, gw kyanya bakal sendirian berangkat ke Belgia. Padahal kita udah janjian mau registrasi tanggal 06 oktober...

Mana duitnya gede banget lagi yang harus gw kumpulin. 12 juta benyek juga gw man nyarinya. Nyari dimana ?? Oia, kenapa jadinya 12 juta padahal kemaren gw bilangnya 8 juta, yang 4 juta tambahannya untuk ngurus segala dokumen untuk ke Belgia. Skck, medical check up, ijazah, visa, fiskal semuanya di total 4 juta, gw yang ngitung sendiri kok. Gw minta perinciannya soalnya, terus gw deh yang ngitung. Tapi kalau ke Belanda selain agency fee 8 juta, kita harus nambah 2 juta, jadinya kalau ke Belanda totalnya sekitar 10 juta.

Tapi gw optimis. pasti bisa. Gw megang kalimat dalam hati gw," Segala sesuatu yang patut diperjuangin itu biasanya dapetinnya susah."

Gw pasti berangkat ke Belgia bulan Januari 2009.

pasti.

Soalnya dapetinnya susah…

Kenyataan bahwa Belgia jauh lebih dekat ke Norway daripada dari indo ke Norway ( ya iyalah ! ), selalu menguatkan gw.

Anyway, mungkin lo semua pada bingung kali yee, kenapa sih, gw kyanya pengen banget kuliah di Norway ?? Sebenernya sih bukan Norway yang gw pengenin banget, gw lebih pengen Swedia. Tapi berhubung informasi yang akurat banget yang gw dapet adalah tentang student loan di Norway, makanya gw ngebet banget ke Norway. Pasti pada bingung. Kenapa Norway ? Kenapa Swedia ? kenapa bukan Amerika / Inggris / Australia / Malaysia atau oke deh, Belanda, Jerman, Prancis dan Belgia itu sendiri, mungkin ?

Well, jawabannya karena gw suka banget sama Eropa Utara. Penduduknya pada dikit – dikit.

Sepi.

Coba deh, meskipun katanya Stockholm itu rame banget, tapi emangnya sebanyak apa sih ? Bisa ngalahin jumlah penduduk di Jakarta ngga ? Pasti ngga. Ya iyalah, soalnya setelah gw cek penduduknya ngga nyampe 800 ribu !! Coba bandingin sama penduduk Jakarta yang berjuta – juta ituh, uuuggghhh !! Lagian di Norway dan Swedia sekolah gratis. Finland juga sih, cuman menurut penelitian yang gw baca, katanya, bahasa yang paling susah dipelajari di dunia ini adalah Finnish. Yah, udah deh, males gw. Denmark ok juga sih, sebenernya. Gw suka kok, sayangnya dia terlalu dekat dengan daratan Eropa yang lain, hehehe…Terus…Jerman sekolahnya terlalu lama, Prancis terlalu banyak orang indo yang mau ke Prancis, sedangkan Belanda, Belgia, Amerika, Inggris Australia, Malaysia bayaran kuliahnya mahal bener...hidup aja udah mahal, moso mau ditambah – tambahin uang kuliah yang mahal juga, duit darimane ??

Dan satu kota di Norway, tempat King of Convinience berasal terucap dalam otak gw...

***

6 comments:

  1. Halo kak. Nama saya nikita. Setelah membaca blog kakak sy tertarik untuk ikt aupair, sebelumnya sy jg sudah sering mendengar mengenai hal tsb. Nah, sy mau tanya nih kak, kalo boleh tau kakak pake agen apa yaaa? Soalnya sy denger agak susah kalo gapake agen. Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  2. Hallo Innok,

    Maaf balassnya telat sekali. Semoga masih berguna ya. Sekarang sudah ngga bisa tanpa agen emang innok. Kamu biisa liat disini : https://www.ind.nl/Documents/Openbaar%20Register%20Au%20Pair%20en%20Uitwisseling.pdf

    Mudah2an bisa dibuka ya linknya, klo ngga ya di copy paste aja ya, semoga berhasil :-)!

    ReplyDelete
  3. Haloo kk, saya sudah baca2 tentang aupair sejak 3 bulan lalu, saya cowok.
    yang ingin saya tnyakan apakah bisa cowok jadi Aupair?
    terimkasih kk

    ReplyDelete
  4. Haloo kk, saya sudah baca2 tentang aupair sejak 3 bulan lalu, saya cowok.
    yang ingin saya tnyakan apakah bisa cowok jadi Aupair?
    terimkasih kk

    ReplyDelete
    Replies
    1. einheinles@gmail.com
      bro email ke ane coba bro biar kita bisa ngobrol"

      Delete
  5. Halo kak, saya tertarik untuk menjadi aupair sudah lama sekali. Tapi pencarian host family belum juga membuahkan hasil..
    Saya mau minta informasinya mungkin kk tau agency aupair di negara skandinavia ?

    THANK YOU :)

    ReplyDelete