Friday, February 13, 2009

Thursday, November 20th 2008

Hi guys !!!

Ampyun deh, akhirnya gw berhasil ngirim semua dokumen setelah kemaren koneksi internet tuh leletnya bukan maen. Jadinya karena gw emosi berat kemaren, gw tangguhkan deh, baru gw kirim hari ini semua formnya. Udah gitu padahal jumlahnya cuman 6,41mb eh tapi ngga ke send mulu, sebel banget deh ik. Akhirnya gw kirim deh per lima form, ngga sekaligus juga. Itu padahal udah gw resize semua loh, heran, gimana kalau gw biarin kya bentuk semula yah?

Anyway, gw mau ceritain tentang ngurus – ngurus dokumennya nih. Berhubung gw akhirnya aupair ke Belanda seperti yang waktu itu gw bilang, dokumennya banyak banget yang harus diurus. Nah, kemaren – maren belum sempet gw bahas, sekarang udah sempet. Ini dia nih, check it out yah guys =)

1. Paspor
Ngurus ini sendiri ngga susah kok, selama lo mau luangin waktu aja dan siap – siap ngurusnya dua minggu. Karena di websitenya sendiri mereka janjinya paling lama 10 hari kerja ( dua minggu kalau diitung sama hari Sabtu dan Minggu ). Berhubung gw warga Bogor, gw menikmati pelayanan di Bogor yang jauuuhhh lebih ‘bersih’ dari Bekasi atau Jakarta Timur. Pas dateng, hari Selasa, udah siang sekitar jam 11an, gw udah takut aja sebenernya. Soalnya takut udah kesiangan. Pas sampe gw ke bagian informasi nanya musti gimana, si a’a yang baik dan ramah nyuruh gw beli formnya di belakang seharga 15 ribu ( di Jakarta Timur 5rb, tapi janga lupa siapin materai sendiri yah, kalau di Bogor mah ngga usah, yang 15rb udah termasuk meterai kok ). Oke, gw kebelakang, berhubung yang gw dapati adalah tempat fotokopi yang penuh gila, gw nanya sama bapak2 berseragam pegawai negeri yang lagi maen komputer. Dia ketawa ( soalnya jujur aja, gw sampe masuk ruangannya gitoh =D ). Dia nganterin gw ke mas – mas yang jual form, malah sempet nemenin gw ngisi, gw tanyain mulu deh dia, sayang gw lupa nanya namanya. Bapaknya baik loh ! Sekitar 15 menit gw kelar ngisi, balik ke ke kantor imigrasinya, ngambil nomor antri di informasi, ngasih form gw beserta fotokopi KTP, KK, akte lahir dan ijazah terakhir masing – masing satu rangkap, gw ke loket satu, terus nunggu. Sepuluh menit kemudian nomor gw dipanggil, terus dia ngasih secarik kertas yang isinya kapan gw kudu balik untuk foto dan wawancara dan disuruh bawa KTP, KK, akte lahir dan ijazah terakhir asli. Ngga sampe setengah jam loh ! Ternyata minggu depan, hari Selasa depan. Ok deh, Selasa depannya gw balik pagi – pagi, ambil nomor antri, terus ngendon di kursi tunggu deh. Di foto, terus nunggu lagi, dipanggil lagi buat bayar : 270rb. Nunggu lagi, diwawancara juga akhirnya. Ngga ada kesulitan yang berarti disini, gwpun cuek, dia ngasih gw kertas lagi untuk ngambil paspornya Selasa depan. Ok deh, gwpun cabut, minggu depan gw ambil tuh paspor. Gampang kan ?

2. Medical check up ( MCU )
Setelah research, didapet deh hasil kalau MCU di Royal Taruma ( letaknya deket CL, biar ngga bingung ke CL aja, tanya deh Royal Taruma sebelah mana, rumah sakitnya gede kok ) paling murah. Gw minta rontgen dada, cek HIV dan hepatitis. Pas diitung biayanya sampe 500 ribu lebih, itu juga udah di korting. Gw bingung ! Si Ika ( aupair yang cek disini juga ) bilang supaya gw minta untuk tau positif / negatifnya aja biar lebih murah. Udah gw bilang, cuman tetep aja. Akhirnya nego lama, untungnya dokter dan susternya baik dan sabar banget ngadepin mahasiswa cekak kya gw dan temen gw, hehehe. Setelah ngomong lama, akhirnya dokternya merintahin si suster untuk nganter ke lab dan cek ELISA dan HBsAg aja. Si suster yang baik nganter kita dan nitip kita ke kedua lab itu. Dan ternyata, biayanya 297500 !! Huray !! Pas dateng gw salah juga karena ngga bawa surat pengantar, cuman setelah nego sama dokternya yang baik banget cuman gw lupa siapa namanya, dia ngizinin kita untuk cek sendiri tapi disuruh isi form yang menyatakan kalau kita datang dan cek ini atas kemauan sendiri. Sebentar kok, abis itu besok gw disuruh ambil hasilnya tapi jangan lupa bawa struk pembayaran buat ngambil hasilnya. Besoknya gw ambil dan hasil gw negatif lah dua – duanya, hasil rontgen dada gw juga normal, hahaha.

3. SKCK
Urus pengantarnya ke RT, terus ke RW buat di cap ( ceritanya diketahui RW gituh...), terus ke kelurahan ( atau bahasa kabupaten tuh kantor desa ), di ketikin deh tuh sama kelurahan, tungguin aja, sebentar kok. Abis itu ke Polsek untuk dibikinin surat rekomendasi ke Polres, kalau ngga ada surat rekomendasi dari Polsek biasanya Polres ngga mau terima ( setidaknya, begitu yang gw alami pas di Bogor, untung aja RW gw yang baik udah ngingetin gw untuk ke Polsek dulu jangan langsung ke Polres. Soalnya pas gw sampe di Polres banyak yang disuruh ke polsek dulu gara – gara ngga ada surat rekomendasi dari Polsek. Anyway, di Polsek juga sebentar kok, sepuluh menit doank apa. Pas di Polres juga ngga lama, setelah form gw isi, kasih foto kopi KTP, KK, ijazah dan foto 4x6 5 lbr, terus ngadep buat cap semua jari tangan, kasihin deh tuh berkas, besokannya udah boleh diambil.Besoknya gw dateng, buset deh antriannya panjang bener. Gw disuruh ambil nomor antri pake KTP, ampun deh, alamat sampe siang nih gw disini, mana itu hari sabtu lagi, gw takut tutupnya cepet. Cuman ternyata bapak – bapak yang kemaren nerima berkas gw inget muka gw kyanya, terus dia bilang sama ibu – ibu yang lagi sarapan nasi uduk klo gw tuh yang mau ke luar negeri. Si ibu – ibunya langsung ngomong,” loh, kamu Fransisca ya ?” gw ngangguk sambil senyum sambil ngasih KTP gw ke si neng yang mintain KTP gw sebagai bukti antri.” Sini, sini, ngga usah antri.” Si ibu – ibu buka – buka laci mejanya,” Balikin lagi KTP nya si teteh, neng.” Kata si ibu pada si neng yang tadi mintain KTP gw. Si neng ngasih KTP gw balik dan si ibu – ibu mulai tandatangan berkas gw terus di cap deh ! sambil ngajakin gw ngobrol mau ngapain ke Belanda dia ngasih SKCK gw deh,” dilanjutin ke Mabes atau Polda ya.” Gitu katanya, gw ngucapin terima kasih sambil senyum seneng banget. Orang – orang udah ngelirik gw judes aje, sebel kali yee, ngeliat gw kucuk – kucuk baru dateng antri paling belakang pula, eh malah dipanggil di suruh ngga usah antri =p. Yee, bilang noh sama ibu – ibunya ! Abis itu gw ke Mabes dengan membawa bekal foto kopi paspor, KTP, KK, ijazah terakhir, dan foto 4x6 3 lembar dan tentunya SKCK yang dari Polres yang masih bahasa indo ituh. Besokannya udah bisa diambil SKCK gw, udah berbentuk bahasa inggris =D.

4. Translate ijazah terakhir ke bahasa inggris oleh penerjemah tersumpah
Gw kemaren nranslatenya ke pak Rozak cuman 25 rebu, jauh sih dari rumah gw, di Kalibata ( tepatnya di jl. Rawajati Barat 2 no 10b telp : 021. 79184729 ), tapi ngga gitu jauh ternyata setelah gw jalanin. Dua hari kerja juga kelar kok =)

5. Child care reference ( 2 buah )
Untung aja salah satunya keluarga juga boleh. Jadinya yang satu diisi sama tante gw, yang satu lagi fasilitator youth gereja gw dulu. Dulu kan gw sempet jadi guru Sunday School disana dan anak – anaknya die salah satu murid gw, ya udah di isiin deh sama dia. Thanks yah om =)

6. School reference
Berhubung ijazah terakhir gw SMU, ya gw minta isiin sama salah satu mantan guru gw. Tadinya gw mau minta isiin guru agama gw yang lebih kenal gw, cuman akhirnya gw minta tolong sama salah satu temen gw yang nyokapnya adalah guru bahasa inggris gw pas kelas tiga, Yenniihhh...makasih yaah !! Kalau buat Bu Ros mah, paling – paling dah makasihnya, ntar aku bawain kue deh bu sebelum berangkat =D.

7. Medical reference
Bekalnya hasil MCU kemaren, yang isi tante gw berhubung dia dokter. Kalau elu ntar, yang ngisi tuh yang ngasih rekomendasi ke elu buat MCU, dokter puskesmas deket rumah juga boleh kok.

8. Swimming reference
Yang ngisi temen baik gw yang jadi semacam life guard lah tiap ada acara – acara yang berbau petualang. Bukan cuman di gunung tapi disungai, di laut, you mentioned lah. Thanks ya J !!! Tadinya pengen minta tolong temen gw yang lain, namanya Jasis, cuman berhubung udah lama ngga kontek – kontekan sama dia gw ngga enak mintanya. Jadi deh si Jerry yang gw mintain tulung =D.

9. Employment reference
Kalau lo udah pernah kerja, yaa ini harus ada, jadi siapin aja. Gw sih, berhubung ngga pernah kerja formal meras ini ngga perlu, jadi deh ngga gw kasih.

Sisanya semua gw urus sendiri, kya CV, interview, agreement, preference, emergency dan dear family letter. Oia, sama photo book. Menurut gw dua yang terakhir nih semacam senjata pamungkas. Gw salahnya cuman ngasih foto gw dan anak – anak satu dan foto gw sendiri satu, duh...coba gw ngasih foto lebih banyak lagi...Jadi kalau misalnya lo bilang lo deket sama keluarga lo, kasih foto lo sama keluarga lo. Terus kalau lo bilang lo social, kasihin foto – foto lo sama temen – temen lo. Pokoe, kasih foto – foto yang menunjang interview dan dear fam letter lo deh.

Okay, udah banyak banget nih, catch up later guys !!

No comments:

Post a Comment